Kementan Gagal, Peternak Rugi 5,4 Triliun dan Terlilit Utang, Ketua DPD: Pemerintah Lindungi Peternak Mandiri

Rabu, 17 Maret 2021 22:20 WIB

Share
Kementan Gagal, Peternak Rugi 5,4 Triliun dan Terlilit Utang, Ketua DPD: Pemerintah Lindungi Peternak Mandiri

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) Sugeng Wahyudi mengatakan, sejak dua tahun lalu peternak sudah rugi puluhan miliar.

Akibatnya, peternak rakyat kini dililit utang dan tak bisa menjalankan usahanya lagi.

"Kerugian sudah terjadi sejak dua tahun lalu, akibatnya saat ini para peternak menjerit karen dililit utang dan tak bisa usaha," kata Sugeng saat dihubungi, Rabu (17/3/2021).

Karena usahanya para peternak ayam tak jalan karena harga yang tidak terkendali membuat peternak menderita kerugian hingga Rp 5,4 triliun dalam waktu dua tahun.

Keluhan para peternak itu ditanggapi Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

LaNyala diharapkan tegas meminta pemerintah melindungi peternak mandiri. 

Keluhan peternak ayam disampaikan lantaran harga ayam hidup/live bird (LB) jatuh di bawah harga pokok produksi (HPP) sejak pertengahan 2018.

Hal ini mengakibatkan ratusan ribu peternak ayam rakyat diperkirakan merugi hingga Rp.5,4 triliun.

Peternak pun menyampaikan Nota Keberatan kepada Kementerian Pertanian (Kementan) karena dianggap gagal menjalankan kebijakan, terlambat menjalankan kewajiban sesuai kewenangannya, keliru dalam menggunakan data, dan pelaksanaan kewenangan tanpa ada pengawasan. 

"Kerugian para peternak ayam potong sudah lama terjadi. Harga yang tiba-tiba jatuh jauh di bawah biaya produksi, seringkali dialami peternak mandiri," tutur LaNyalla Mattalitti, Rabu (17/3/2021).

Halaman
Reporter: Fatah
Editor: Admin Jakarta
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler