Banyak Yang Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Lurah Sukapura Datangi Rumah Lansia Untuk Beri Pemahaman

Kamis, 18 Maret 2021 14:33 WIB

Share
Banyak Yang Takut Disuntik Vaksin Covid-19, Lurah Sukapura Datangi Rumah Lansia Untuk Beri Pemahaman

CILINCING, POSKOTA.CO.ID- - Kabar bohong (Hoaks) yang beredar mengenai bahaya vaksin Covid-19, mengakibatkan warga lanjut usia (Lansia) di Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, takut disuntik vaksin.

Hal tersebut jadi masalah bagi Kelurahan Sukapura, dalam menghelatkan vaksinasi Covid-19 bagi Lansia.

Menghadapi kendala tersebut, Lurah Sukapura, Abdul Rahman Hakim mengatakan, pihaknya melakukan jemput bola dengan cara mendatangi rumah Lansia untuk memberi pengertian dan pemahaman mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19.

Aksi jemput bola bagi lansia yang merupakan sasaran penerima vaksin dilaksanakan secara bergiliran di setiap rukun warga (RW), dengan mengerahkan dua kendaraan dinas operasional Kelurahan Sukapura.

"Kendala di lapangan adalah banyaknya lansia yang takut untuk divaksin. Jadi, kami terus memberikan pemahaman. Semoga dengan sistem jemput bola bagi peserta vaksin lansia, akan mendorong capaian target vaksinasi Covid-19," kata Rahman, Kamis (13/3/2021).

Adapun pemahaman yang diberikan adalah dengan cara menjelaskan bahwa Lansia termasuk golongan rentan tertular Covid-19, sehingga diutamakan mendapatkan vaksinasi untuk menambah kekebalan tubuh.

"Setelah diberikan pengertian, alhamdulillah banyak lansia yang bersedia untuk menjadi peserta vaksin. Kami juga memfasilitasi dengan sistem antar jemput para lansia dari rumah sampai ke Puskesmas Kelurahan Sukapura," terangnya.

Sejak tanggal 1 Maret sampai 17 Maret 2021, jumlah lansia yang sudah divaksin di wilayah Kelurahan Sukapura sebanyak 639 orang.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia secara menyeluruh ditargetkan akan rampung pada tanggal 31 Maret 2021. Sehingga perlu dilakukan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk mencapai target yang telah ditentukan. Secara keseluruhan wilayah Jakarta Utara memiliki target vaksinasi Covid-19 pada 134 ribu lansia. (Yono)

Reporter: Gusmif
Editor: Admin Jakarta
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler