Kemenkes Apresiasi Penerapan Prokes Vaksinasi Lansia di Kabupaten Bekasi

Jumat, 19 Maret 2021 18:27 WIB

Share
Kemenkes Apresiasi Penerapan Prokes Vaksinasi Lansia di Kabupaten Bekasi

BEKASI, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi para kelompok lanjut usia (lansia) di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

"Setelah saya melihat lokasi, ini cukup luas, cukup besar, cukup representatif sehingga kerumunan bisa dihindari," kata Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Oscar Primadi di Cikarang, Jumat (18/3/2021).

Oscar mengaku, setiap proses pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara mengalir tanpa terlihat adanya kerumunan mulai dari meja registrasi peserta, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin, masa observasi, hingga peserta dinyatakan selesai observasi dan keluar melewati ruang khusus yang telah disiapkan.

"Flow-nya berjalan dengan baik, mengalir tanpa kerumunan walaupun pesertanya relatif banyak. Mekanisme inilah yang kita harapkan," kata dia.

Oscar juga melihat di setiap sudut stadion telah terpasang spanduk imbauan penerapan prokes ketat melalui 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas warga.

"Tinggal bagaimana warga secara luas menerapkan protokol 5M karena ini mutlak menjadi tanggung jawab setiap masyarakat, bukan hanya Bu Kadinkes atau jajaran dinas kesehatan dan aparat saja," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti mengatakan, penerapan prokes ketat menjadi syarat mutlak dalam setiap pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

"Peserta vaksinasi diwajibkan mematuhi protokol kesehatan 5M. Kami dibantu rekan-rekan dari petugas kepolisian dan Satpol PP untuk memastikan prokes dilaksanakan dengan baik," ucap Sri.

Selama pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bekasi, lanjut dia, pihaknya mengaku telah menjalankan prosedur prokes ketat sesuai instruksi pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. (akhmad nursyeha/kontributor)

Reporter: Fatah
Editor: Admin Jakarta
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar