Terkait Vaksinasi Lansia, Relawan Kesehatan Sebut Dinkes DKI Kurang Sosialisasi

Senin, 22 Maret 2021 10:52 WIB

Share
Terkait Vaksinasi Lansia, Relawan Kesehatan Sebut Dinkes DKI Kurang Sosialisasi

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Ketua Nasional Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia, Agung Nugroho, mengaku prihatin dengan rendahnya angka vaksinasi lansia (lanjut usia) di Jakarta. Padahal, Gubernur DKI Anies Baswedan tengah gencar menargetkan 10 juta vaksin untuk warganya.

"Kondisi ini justru berbanding berbalik, bahkan pelaksanaan untuk 316.589 Lansia tidak sesuai target," tulisnya dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (22/3/2021).

Menurutnya, rendahnya angka lansia yang menjalani vaksinasi Covid-19 tersebut, lebih disebabkan minimnya sosialisasi yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI.

"Jadi bukan fasilitas kesehatannya (faskes) yang jauh dari domisili warga, dan juga bukan belum teralokasikannya vaksin di faskes-faskes tersebut. Melainkan gagalnya Dinkes dalam upaya promotif kesehatan terkait vaksin dan pelaksanaan vaksinasi bagi lansia," terangnya.

Agung menambahkan, bahwa banyaknya transportasi untuk menuju faskes harusnya bukan menjadi kendala jarak tempuh warga untuk mendapatkan vaksinasi.

“Jarak sejauh apapun, jika kesadaran dan pemahaman warga clear terkait penting dan bermanfaatnya Covid-19, pasti didatangi dengan bersuka cita. Sehingga yang lemah itu adalah sosialisasinya,” ujar aktivis 98 tersebut.

Dipaparkannya, kegagalan Dinkes dalam mensosialisasikan pentingnya Covid-19 dapat dilihat dalam pola sosialisasinya yang masih menggunakan cara “pokrol bambu”. Dimana, undangan sosialisasi vaksinasi bagi Lansia hanya dilakukan pada ketua-ketua RT.

“Dan itu hanya oral, tanpa dibekali selebaran atau leaflet yang dapat dibagikan oleh ketua RT ke warga, sehingga bisa menguatkan sosialisasi tersebut ke orangtuanya atau kakek neneknya agar mau di vaksinasi,” ungkap Agung.

Namun, pernyataan Agung ini berbeda dengan klaim yang disampaikan Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria.

Sebelumnya, Wagub Riza mengatakan, tingkat antusias warga lanjut usia (lansia) untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Halaman
Reporter: Gusmif
Editor: Admin Jakarta
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar