Enam Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Kembali Tiba di Indonesia, Menkes: Semoga Bulan Depan Tambah 20 Juta Dosis Lagi

Minggu, 18 April 2021 15:37 WIB

Share
Enam Juta Dosis Bahan Vaksin Sinovac Kembali Tiba di Indonesia, Menkes: Semoga Bulan Depan Tambah 20 Juta Dosis Lagi

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Sebanyak enam juta dosis bahan baku vaksin CoronaVac dari Sinovac kembali tiba di Indonesia, Minggu (18/4/2021). Kedatangan vaksin kali ini merupakan kedatangan yang kedelapan dari keseluruhan vaksin Covid-19 yang telah tiba di Indonesia, sejak kedatangan pertama pada 6 Desember 2020 lalu.

Bahan vaksin tersebut diangkut dengan Pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA-891, dan telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di lokasi kedatangan vaksin, mengatakan enam juta bulk vaccine dari Sinovac China, merupakan bagian dari pengiriman 140 juta bulk vaccine yang akan kita terima tahun ini. Total yang sudah kita terima dari Sinovac adalah 59,5 juta bulk vaccine.

Budi Gunadi menjelaskan, enam juta dosis bahan baku vaksin tersebut, akan terlebih dahulu diolah dan diproduksi oleh PT Bio Farma, yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin Covid-19 produksi Sinovac juga sebelumnya telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM dan memperoleh fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hingga saat ini, dari kurang lebih 46 juta dosis vaksin yang telah diolah oleh Bio Farma. Sebanyak 22 juta dosis vaksin telah diterima dari BUMN yang berfokus pada produksi vaksin dan antisera tersebut, untuk kemudian didistribusikan ke seluruh daerah.

Pemerintah juga akan berupaya untuk terus memperoleh dosis vaksin, yang nantinya akan diberikan secara cuma-cuma kepada kurang lebih 181,5 juta masyarakat.

"Diharapkan dalam satu bulan ke depan kita bisa menerima tambahan sekitar 20-an juta dosis lagi, hasil produksi dari Bio Farma atas kedatangan bulk vaccine ini. Dengan demikian, kita harapkan program vaksinasi untuk seluruh daerah, provinsi, kabupaten, dan kota madya bisa berjalan untuk bulan April dan Mei dengan lancar dan baik," imbuh Budi.

Untuk diketahui, hingga 17 April 2021 kemarin, pemerintah telah melakukan sebanyak 16,6 juta suntikan dosis vaksinasi kepada masyarakat. Saat ini, Menkes menjelaskan, pemerintah tengah memfokuskan vaksinasi kepada para warga lanjut usia (lansia) untuk memberikan perlindungan kepada mereka yang rentan terpapar virus korona.

"Penting juga diingat bahwa pada saat Ramadhan, kemungkinan banyak keluarga yang ingin bertemu orang tuanya sangat tinggi. Jadi, tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas diberikan vaksinasi kepada para lansia, sehingga mereka bisa kita lindungi. Kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya, mereka relatif imunitasnya lebih baik," tuturnya.

Adapun pada bulan Ramadhan ini, pemerintah akan tetap menggelar vaksinasi massal secara gratis kepada masyarakat.

Halaman
Reporter: Gusmif
Editor: Admin Jakarta
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler