Ngais Rezeki Jelang Lebaran, PKL Pasar Tanah Abang Bebas Pakai Trotoar, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat: Kalau do Bahu Jalan Tidak Boleh.

Rabu, 28 April 2021 16:43 WIB

Share
<i>Ngais</i> Rezeki Jelang Lebaran, PKL Pasar Tanah Abang Bebas Pakai Trotoar, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat: Kalau do Bahu Jalan Tidak Boleh.
Pedagang kaki lima gunakan trotoar di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Poskota.co.id/fahmi)

TANAH ABANG, POSKOTA.CO.ID - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menyatakan, pihaknya memberikan toleransi kepada pedagang kaki lima yang marak berjualan di atas trotoar kawasan Pasar Tanah Abang, jelang lebaran.

"Kalau di bahu jalan tidak boleh. Tapi kalau trotoar masih kita tolerir. Trotoar bisa dipakai, kita tolerir, asal garis kuning jangan dipakai karena itu untuk disabilitas," ujar Irwandi ketika dikonfirmasi, Rabu (28/4/2021).

Irwandi mengatakan, Satpol PP sebenarnya sudah diterjunkan untuk menertibkan para PKL musiman itu.

Namun, jumlah PKL di Pasar Tanah Abang itu sangat banyak.

"Kita sudah atur, kita rapihin, satpol juga turun, tapi memang keterbatasan tenaga Satpol PP juga ada," kata Irwandi.

Para PKL itu pun tak kapok untuk berjualan kembali keesokan harinya meski sudah dilakukan penertiban.

Pemkot pun akhirnya mentolerir para PKL itu memakai trotoar selama masih memberikan ruang bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas.

Selain itu, aturan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak juga harus diterapkan.

"Tanah Abang kan tiap tahun kalau mau lebaran memang begitu. Tapi nanti juga habis lebaran sudah kondusif lagi," ucap Irwandi.

Irwandi menambahkan, penggunaan trotoar sebagai lapak dagangan PKL sejatinya tak hanya terjadi di wilayah Pasar Tanah Abang saja melainkan juga di tempat lain.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar