PPKM Diperpanjang Hingga 13 September, Begini Isi Aturan Dalam Inmendagri No.39 Tahun 2021

Selasa, 7 September 2021 15:59 WIB

Share
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian. (ist)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian. (ist)

JAKARTA, POSKOTA. CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menerbitkan Inmendagri No 39 Tahun 2021 Level 4, 3 dan 2, terkait diberlakukan perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali mulai 7-13 September.

Wilayah DKI Jakarta masih masuk Level 3, yakni Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Untuk wilayah Provinsi Banten, yakni berada di Level 2 ungu wilayah Kabupaten Serang, Pandeglang dan Lebak. Sedangkan Level 3, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Serang.

Level 3 untuk wilayah Jawa Barat yakni, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, Kabupatem Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon dan lainnya.

Ketentuan dalam Inmendagri Nomor 39 ini, seperti kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall, dan pusat perdagangan ditutup sementara, kecuali akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online dengan maksimal tiga orang setiap toko, restoran, supermarket, hypermarket dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan aturan dan Prokes.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall, dan pusat perdagangan diizinkan beroperasi 50% dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan protokol kesehatan.

Dengan syarat, wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan, mall,
Restoran atau rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam lokasi pusat perbelanjaan atau mall hanya menerima delivery atau take away dan tidak menerima makan di tempat (dine-in).

Penduduk dengan usia di bawah 12 tahun dan diatas 70 tahun, dilarang memasuki pusat perbelanjaan, mall dan pusat perdagangan.

Selain itu, bioskop, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan, mall, atau pusat perdagangan ditutup.

Tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), diizinkan buka dengan
maksimal kapasitas 50 persen, atau 50 orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar