RSJ Grogol, 110 Pasien ODGJ Terkonfirmasi Covid-19 di 2021

Sabtu, 11 September 2021 16:25 WIB

Share
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Soeharto Heerdjan Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. (poskota.co.id/pandi)
Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Soeharto Heerdjan Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. (poskota.co.id/pandi)

GROGOL PETAMBURAN, POSKOTA.CO.ID - Sepanjang 2021, sebanyak 110 pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terkonfirmasi Covid-19 dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Soeharto Heerdjan Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Direktur Utama RSJ Soeharto Heerdjan Dokter Desmiarti mengatakan, jumlah ini mengalami sedikit kenaikan bila dibandingkan pada 2020 sebanyak 57 pasien.

"Pada 2021 sampai dengan bulan Juni kita sudah merawat 110 pasien terkonfirmasi Covid-19," ujar dia kepada wartawan, Sabtu (11/9/2021).

Selain merawat ODGJ, pihak RSJ Soeharto Heerdjan juga merawat pasien umum yang terkonfirmasi Covid-19. 

"Dalam satu bulan puncaknya pada bulan juni dan juli itu sampai 378 pasien, tinggi sebenarnya," papar dia.

Desmiarti mengatakan, di masa pandemi, pihaknya sering menemukan beberapa orang mengalami gangguan jiwa, seperti cemas, depresi dan gangguan psikotik. 

Ia menjelaskan, kecemasan ODGJ saat mendengar berita Covid-19 seolah-olah terpatri dipikirannya bahwa ia akan terpapar virus.

Selain itu, ada pula kasus pasien yang telah menjalani isolasi di rumah selama tiga minggu, namun tiba-tiba setelah dinyatakan sembuh, terjadi perubahan pada perilakunya. 

"Sering bicara sendiri kemudian dibawa ke RS Jiwa dan setelah itu pasien membaik tapi ada perlambatan dalam pemikirannya," kata dia.

Selain dua kasus itu, lanjut Desmiari, ada pula kasus pasien yang depresi karena keadaan ekonomi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler