Hujan Deras, Kabupaten Ini Dilanda Longsor dan Banjir, 14 Rumah Warga Rusak

Selasa, 14 September 2021 23:47 WIB

Share
Hujan Deras, Kabupaten Ini Dilanda Longsor dan Banjir, 14 Rumah Warga Rusak
Kondisi banjir di Tasikmalaya. (dok. bnpd)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hujan dengan intensitas tinggi sejak Senin (13/9/2021), mengakibat tanah longsor di beberapa wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Selain itu, curah hujan tinggi membuat debit air Kali Cilangla meluap.

Akibatnya, rumah warga rusak dan terendam banjir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (14/9/2021), mengungkapkan, terdapat 14 rumah warga yang rusak.

Kerusakan tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Tasikmalaya.

Antara lain, Kecamatan Culamega, Bojongasih, Sodonghilir, Cineam, Karangnunggal, Parungponteng, dan Cipatujah.

"Namun demikian, dampak berupa kerusakan rumah warga berlokasi di Kecamatan Culamega sejumlah 8 unit, Karangunggal 3, Bojongasih 3 dan Sodonghilir 1. Bencana ini tidak mengakibatkan terjadinya korban jiwa," terang Muhari.

Selain berdampak pada kerusakan di sektor pemukiman, kejadian tersebut menyisakan material longsor di ruas jalan maupun menutup akses transportasi beberapa titik.

Seperti, Desa Tobongjaya (Kecamatan Cipatujah), Desa Ereunpalay (Cibalong), Desa Bojongsari (Culamega).

Di Desa Bojongsari terdapat satu titik longsoran yang sempat menutup jalan poros desa penghubung menuju Dusun Sukajaya, Cibetear dan Cikondang, serta ruas jalan terbawa longsor di Desa Cipicung, Kecamatan Culamega.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar