Antisipasi Lonjakan Covid-19 di PON XX Papua, BNPB Siapkan 108 Relawan

Minggu, 26 September 2021 07:19 WIB

Share
Varian baru virus corona hasil mutasi di india. (ist)
Varian baru virus corona hasil mutasi di india. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID– Antisipasi lonjakan Covid-19 dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, BNPB siapkan 108 relawan untuk penguatan protokol kesehatan (prokes).

Demikian disampaikan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, dalam keterangannya yang diterima Sabtu (25/9/2021).

Abdul Muhari mengatakan, BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kali ini memberikan pembekalan kepada 108 relawan di Kabupaten Merauke jelang PON XX Papua.

"Peningkatan  kapasitas relawan ini untuk mendukung penguatan protokol kesehatan (prokes) selama pesta olahraga di tengah pandemi Covid-19," papar Abdul Muhari.

Ia menambahkan sebanyak 108 relawan mengikuti materi prokes dan pemanfaatan inaRISK yang diberikan oleh BNPB.

 

"Para relawan akan bertugas untuk melakukan sosialisasi penerapan prokes kepada masyarakat. Ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 maupun mengcegah penyebaran virus, khususnya selama penyelenggaraan PON di Papua pada 2 – 15 Oktober 2021," tambah Abdul Muhari.

Selain itu, mereka yang berasal dari berbagai organisasi ini bertugas untuk membagikan masker kepada masyarakat umum, termasuk warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga.

"Pembagian masker dilakukan dengan proaktif yaitu mengoperasikan mobil masker. Di samping itu, relawan akan membuka 5 gerai yang berlokasi di titik-titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan," terang Abdul Muhari.

Pembekalan juga menyasar pada pemanfaatan aplikasi inaRISK. Aplikasi ini akan digunakan untuk menandai secara spasial lokasi-lokasi pendistribusian masker sehingga dapat termonitor pada dashboard inaRISK. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler