Pembangunan Waduk Belibis Jakarta Utara Ditargetkan Rampung Akhir 2021, Kini Capai 80 Persen

Kamis, 21 Oktober 2021 19:14 WIB

Share
Pengerjaan Waduk Belibis di Cilincing, Jakarta Utara. (ist)
Pengerjaan Waduk Belibis di Cilincing, Jakarta Utara. (ist)

CILINCING, POSKOTA.CO.ID - Pengerjaan Waduk Belibis di Cilincing, Jakarta Utara, ditargetkan rampung pada akhir 2021, kini telah mencapai 80 persen.

Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing Tjahyono Budi Setiawan mengungkapkan, pembuatan Waduk Belibis di lahan seluar 3,2 hektar di wilayah RW. 04 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, sebagai langkah nyata untuk mengantisipasi genangan saat terjadinya hujan dengan intensitas tinggi.

Nantinya,Waduk Belibis akan berfungsi menjadi kolam retensi yang mampu menampung air hujan sementara waktu.

Kemudian, mengalirkannya kembali secara perlahan hingga bermuara ke laut. 

Sejak Waduk Belibis dibangun, kata Tjahyono, permasalahan genangan di Jalan Sungai Brantas, Kelurahan Semper Barat sudah mulai teratasi.

"Sekarang ini, masih dikebut pengerjaannya dengan mengoperasikan alat berat beko, amphibi, dan excavator untuk proses pendalaman hingga 6 meter dan pembuatan tanggul di sekitar Waduk Belibis," ujar Tjahyono saat dikonfirmasi, Kamis (21/10/2021). 

Ia mengaku, optimistis pengerjaan Waduk Belibis yang dilengkapi dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) akan rampung pada Desember 2021.

Jika sudah rampung, ke depannya bisa segera diwujudkan pembuatan pintu air inlet dan outlet di Waduk Belibis dengan sistem buka tutup.

"Kemudian akses Waduk Belibis bisa dilengkapi dengan hadirnya ruang terbuka hijau, ekowisata, area parkir, dan sebagainya," harap dia. (yono)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler