Waspada! Penipuan Dengan Modus Dolar Hitam, Pelaku WNA Asal Kamerun, Begini Kronologinya

Jumat, 5 November 2021 21:28 WIB

Share
Waspada! Penipuan Dengan Modus Dolar Hitam, Pelaku WNA Asal Kamerun, Begini Kronologinya
Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Joko Dwi Harsono, saat rilis kasus penipuan dengan modus dolar hitam. (Cr01)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat meringkus dua pelaku penipuan berinisial OAT, Warga Negara Asing (WNA) asal Kamerun dan seorang peremupan berinisial HH, Warga Negara Indonesia (WNI).

Modus yang digunakan pelaku yaitu menjanjikan modal kepada korban yang ingin berbisnis ternak ayam. Namun uang yang akan diberikan masih dalam bentuk Black Dollar atau dolar hitam.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Joko Dwi Harsono, menjelaskan bahwa kejadian bermula saat korban berinisial SS, sedang membutuhkan modal untuk membuka usaha ternak ayam. SS membutuhkan modal usaha sebesar Rp700 juta.

Kemudian pelaku menawarkan bantuan kepada korban. Perkenalan antara pelaku dengan korban awalnya dari teman pelaku inisial HH.

 

Pelaku HH kemudian melakukan pertemuan di sebuah hotel di kawasan Jogja, pada bulan Mei 2021. Di sana pelaku menjelaskan terkait mekanisme untuk mendapatkan modal yang ia inginkan.

"Di sana dijelaskan, kami punya modal besar tapi dari asing dari luar negeri. Nilainya milaran rupiah. Jadi bapak harus buat proposal. Sudah mulai seperti meyakinkan kira-kira anggaran berapa yang ditentukan," ujarnya kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jumat (5/11/2021).

Kemudian pelaku dan korban kembali bertemu di salah satu hotel di Jakarta Barat, pada Juli 2021. 

Di sana pelaku HH sudah bersama dengan pelaku OAT yamg merupakan WNA.

Saat itu, pelaku OAT menyampaikan kepada korban bahwa proposal yang ia ajukan telah disetujui. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar