WNA China Bos Pinjol Ilegal Ditangkap di Bandara Soetta, Saat Hendak Kabur ke Turki

Rabu, 10 November 2021 11:44 WIB

Share
WNA China Bos Pinjol Ilegal Ditangkap di Bandara Soetta, Saat Hendak Kabur ke Turki
WNA China yang jadi bos Pinjol ilegal di Indonesia ditangkap di bandara Soekarno-Hatta saat hendak terbang ke Turki. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Seorang WN China yang diduga jadi bos aplikasi pinjaman online (pinjol) ilegal, ditangkap Bareskrim Polri di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Banten.

Dalam aksinya, tersangka WJS alias BH alias JN, menggunakan kedok Koperasi Simpan Pinjam Inovasi Milik Bersama (KSP-IMB). Pinjol ilegal ini beroperasi di wilayah Wonogiri, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

Dalam aksinya, KSP-IMB ini menjalin kerjasama dengan pinjol-pinjol ilegal, untuk menjadi mitra bisnis. KSP-IMB juga melakukan rekrutmen dept collector, bagian dari menjalankan bisnisnya.

Mereka tak segan meneror peminjam yang tak mampu membayar utang. Bahkan, salah satu korbannya seorang ibu rumah tangga, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. 

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri, Brigjen Helmy Santika, mengatakan bahwa berdasarkan pengakuan tersangka lain yang sudah ditangkap lebih dulu, WJS merupakan direktur bisnis dan pemilik KSP Inovasi Milik Bersama (IMB). 

 

Sehari-hari, WJS diketahui tinggal di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Utara.

Berbekal informasi tersebut, Helmy membeberkan, tim Polri mulai melakukan pendalaman di sekitar lokasi. 

Perburuan terhadap pelaku sudah dilakukan sejak 27 Oktober 2021 lalu. Hingga akhirnya, WJS berhasil ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), saat sedang menungggu terbang ke Turki.

"Tersangka WJS ditangkap di Bandara Soetta saat akan melakukan penerbangan menuju Turki, bersama dua orang rekannya," katanya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar