Penyebab Banjir di Jakarta Utara, Begini Penjelasan Wali Kota

Kamis, 11 November 2021 15:50 WIB

Share
Penyebab Banjir di Jakarta Utara, Begini Penjelasan Wali Kota
Tampak bocah-bocah bermain air rob di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (8/11/2021) siang. (poskota.co.id/yono)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim meminta jajarannya mengantisipasi tiga faktor penyebab terjadinya banjir.

Tiga faktor itu meliputi hujan lokal, hujan di hulu, dan kenaikan muka air laut atau rob.

Menurut dia, ketiga faktor ini harus diantisipasi sedemikian rupa.

Sehingga dapat mengulang kesuksesan saat musim penghujan akhir 2020 dan awal 2021 lalu.

"Jakarta Utara ini memang wilayahnya beda. Kita harus mengantisipasi genangan terhadap tiga faktor penyebab," ujar Ali di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (11/11/2021).

Ia mengatakan, antisipasi banjir harus dilakukan secara bersama, bukan hanya oleh pemerintah.

Ali berharap, petugas teknis yang berkaitan dengan aliran air menuangkan pengalaman penanganan banjir, seperti tahun lalu.

Bila pun ada pergantian, petugas yang baru dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Jangan sampai petugas pindah gak ada lagi petugas yang menggantikannya. Harus ada siapa dan berbuat apa. Penggantinya harus mengerti secara detail," tandas dia.

Ali mengapresiasi stakeholder terkait yang turut menyediakan beragam jenis pompa air beserta operatornya sebagai upaya pencegahan genangan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar