Antisipasi Dampak Buruk La Nina, Satgas Siaga Bencana Lantamal III Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Banjir 

Kamis, 18 November 2021 15:28 WIB

Share
Antisipasi Dampak Buruk La Nina, Satgas Siaga Bencana Lantamal III Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Banjir 
Satgas Siaga Bencana Lantamal III saat menggelar simulasi penyelamatan korban banjir di Lapangan Mako Lantamal III, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (18/11/2021). (yono)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Satgas Siaga Bencana dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III, menggelar simulasi penyelamatan korban banjir, pada Kamis (18/11/2021).

Simulasi ini dilakukan dalam mengantisipasi dampak buruk fenomena La Nina.

Dalam simulasi tersebut, diskenariokan Jalan Gunung Sahari terendam banjir setinggi 2 meter.

Mendapati laporan tersebut, ratusan personel Lantamal III bersama dengan unsur terkait lainnya, bergerak menuju lokasi untuk melakukan penyelamatan terhadap masyarakat yang terdampak.

Personel Lantamal dibekali kendaraan dan peralatan pendukung operasi.

 

Sesampainya di lokasi banjir, sejumlah personel Lantamal III menurunkan dua perahu karet untuk melakukan evakuasi pada warga yang terjebak banjir.

Komandan Lantamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, mengatakan bahwa Satgas Siaga Bencana tersebut dibentuk untuk membantu kesulitan masyarakat bila terjadi bencana.

"Kami diinstruksikan oleh pimpinan kami di Kepala Staf Angkatan Laut, untuk senantiasa membantu kesulitan masyarakat di sekelilingnya, sesuai dengan 8 wajib TNI yang ada," ujarnya seusai menggelar apel Satgas Siaga Bencana di Lapangan Mako Lantamal III, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (18/11/2021).

Farouq mengatakan, dalam apel tersebut pihaknya menerjunkan dari unsur TNI sebanyak 138 personel, Satpol PP 10, Dinas Bina Marga 10, PPSU 10, PMI 5, dan dari Dinas SDA 24 personel yang dibekali sejumlah kendaraan dan perlengkapan untuk penanganan bencana.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar