Ya Alloh! Anak ini Lahir Tanpa Batang Penis, Orangtuanya Bingung Urus Operasi, Pengamat: Harusnya Pemerintah Jemput Bola

Jumat, 26 November 2021 09:40 WIB

Share
Dewi (23) bersama buah hatinya yang lahir tanpa kelamin saat ditemui di rumah kontrakannya di kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. (yono)
Dewi (23) bersama buah hatinya yang lahir tanpa kelamin saat ditemui di rumah kontrakannya di kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. (yono)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID-- Seorang anak laki-laki  di Cilincing, Jakarta Utara, terlahir tanpa memiliki batang penis.

Mau jalani operasi kelamin, namun orangtua si anak mengaku masih bingung untuk mengurus administrasi operasi.

Terkait hal tersebut, pengamat sosial dari Universitas Indonesia, Devie Rahmawati, berpendapat seharusnya pemerintah setempat segera melakukan jemput bola.

Pasalnya, orang tua anak tersebut saat ini tengah berharap buah hatinya dapat segera dioperasi.

Namun, ayah dari anak tersebut yang berprofesi sebagai nelayan, mengaku tak banyak tahu soal apa yang harus dilakukan untuk syarat kelengkapan administrasi operasi buah hatinya agar terbebas dari biaya.

 

"Itu tugasnya Pemda (pemerintah daerah). Dalam hal ini, harusnya jemput bola, harus. Jadi seyogyanya Pemda turun ke bawah. Saya yakin Pemda punya aparat kok," ujar Devie saat dihubungi, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, pemerintah harus sering melakukan sosialisasi terkait bagaimana cara mengakses layanan kesehatan bagi masyarakat ekonomi kalangan menengah ke bawah, yang sebenarnya sudah tersedia.

"Nah tugas pemerintah daerah dalam hal ini adalah mensosialisasikan dan memfasilitasi," ucapnya.

Sebelumnya, ibu si anak, Dewi (23) mengatakan, meski telah dijadwalkan pertengahan tahun depan, ia berharap buah hatinya bisa segera menjalani operasi kelamin.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler