Kopi Muncar Moncer Kenalkan Temanggung ke Dunia 

Rabu, 1 Desember 2021 22:20 WIB

Share
Menikmati hangatnya secangkir kopi di dataran tinggi dengan pemandangan pegunungan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Desa Muncar di Temanggung, Jawa Tengah. (ist)
Menikmati hangatnya secangkir kopi di dataran tinggi dengan pemandangan pegunungan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Desa Muncar di Temanggung, Jawa Tengah. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Siapa sangka sebuah desa kecil di Temanggung, Jawa Tengah telah mendunia. Hal itu diraih tidak lepas dari ketekunan dan ketelatenan warganya dalam menghasilkan kopi dengan cita rasa yang berkualitas. 

Ya, itulah Desa Muncar. Desa tersebut merupakan satu dari 14 desa yang dibina Astra melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang terletak di dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau. Dengan letak geografis itu Desa Muncar telah menghasilkan produk biji kopi robusta yang saat ini telah dikenalkan ke Belanda. 

Menurut Fasilitator DSA Temanggung Ahmad Sofiyudin, kopi yang dipromosikan ke Negeri Kincir Angin tersebut memiliki kualitas yang bagus dengan harga lebih dari Rp40.000 per kilogram. Lebih tinggi dari harga di level petani yang biasanya hanya Rp26.000 per kilogram, sehingga dapat menambah pendapatan para petani kopi.

“Hingga tahun 2021, pendapatan petani setempat mengalami kenaikan dari hasil produksi kopi. Para petani memperoleh pendapatan hingga Rp30 juta per tahun,” ungkapnya kepada Poskota beberapa waktu lalu. Iapun menargetkan setiap bulan sebanyak 20 ton kopi dikirim ke Belanda dengan gratis sertifikasi.  

Dukungan ASTRA 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sofi ini menceritakan sebelumnya pendapatan penduduk hanya bersumber dari pengumpulan kayu, kini masyarakat memiliki mata pencaharian beragam dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif, agrikultur dan olahan, peternakan dan perikanan.

Sejak dibina Astra tahun 2018, jumlah masyarakat terpapar program DSA hingga tahun 2021 mencapai 5.500 orang dari hanya sekitar 200 orang pada tahun 2018. Penyerapan tenaga kerja tahun 2021 juga meningkat menjadi 80 orang dari semula hanya 20 orang pada tahun 2018.

Desa Muncar, Temanggung, Jawa Tengah yang berada di dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau. (ist)

“Pada 2020, Astra bersama masyarakat mulai memperluas produk turunan dan menggencarkan promosi kopi baik secara daring maupun luring. Pada 2021, dilakukan perluasan buyer kopi beragam rasa, promosi dan penjajakan ekspor kopi ke Belanda hingga memperluas DSA dan mitra binaan dari awalnya 3 desa pada 2018 menjadi 14 desa di 2021,” tuturnya.

Secara keseluruhan hingga 2021, Astra telah memaparkan berbagai program melalui 930 DSA kepada sekitar 104.311 orang di seluruh Indonesia, menciptakan tenaga kerja baru sebesar 16.345 orang, dan meningkatkan pendapatan rata-rata sebesar 70% di seluruh Indonesia. Hingga kini terdapat 4 klaster produk yang dihasilkan DSA, yakni klaster kopi, klaster agrikultur, olahan dan komoditas, klaster kelautan dan perikanan tangkap, serta klaster wisata, kreatif, budaya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler