Kasus Terinfeksi Varian Omicron Terdeteksi di Tempat Karantina PPLN di Jakarta Pusat

Senin, 10 Januari 2022 19:37 WIB

Share
Tempat karantina bagi PPLN di Hotel C'One Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang ditemukan adanya kasus terinfeksi Varian Omicron, Senin (10/1/2022). (poskota.co.id/adam)
Tempat karantina bagi PPLN di Hotel C'One Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang ditemukan adanya kasus terinfeksi Varian Omicron, Senin (10/1/2022). (poskota.co.id/adam)

MENTENG, POSKOTA.CO.ID - Seorang pria berinisial KS (32) asal Pademangan, Jakarta Utara terkonfirmasi positif Covid-19 Varian Omicron setelah menjalani karantina selama 10 hari di Apartemen Fraser Residence, Menteng, Jakarta Pusat.

Hal tersebut, diketahui oleh petugas Puskesmas Kecamatan Menteng yang pada saat itu tengah memeriksa kondisi KS usai menjalani hari terakhir karantina untuk dipastikan ia positif terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Satuan Pelaksana UKP Puskesmas Kecamatan Menteng, Jonathan Aditama menjelaskan, KS diketahui terinfeksi varian Omicron setelah menjalani karantina dan sempat pulang ke rumahnya di Pademangan, Jakarta Utara.

"Setelah pasien selesai menjalani masa karantina dan kemudian pulang ke rumah, gejala varian Omicronnya baru mulai terasa. Karena merasa kondisinya kurang sehat dan menghubunhi kami untuk diperiksa, barulah diketahui hasilnya bahwa KS positif terinfeksi varian Omicron," ujar Jonathan saat di konfirmasi, Senin (10/1/2022).

Di mengatakan, KS usai dinyatakan terinfeksi Varian Omicron langsung dibawa oleh pihak Puskesmas Kecamatan Pademangan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran guna menjalani isolasi.

"Karena sudah masuk di wilayah yang berbeda, KS ditangani oleh Puskesmas Kecamatan Pademangan untuk diisolasi di Wisma Atlet Kemayoran," kata dia.

Dia menambahkan, selain di Apartemen Fraser Residence, Menteng, Jakarta Pusat. Petugas juga menemukan adanya kasus terifeksi varian Omicron di Hotel C'One Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang dijadikan sebagai tempay karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Sementara itu, di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Murni L. Naibaho juga mengungkapkan, adanya kasus PPLN yang terinfeksi varian Omicron yang saat ini dikarantina di Hotel C'One Cempaka Putih.

"Iya memang benar ada PPLN yang terinfeksi varian Omicron di sini (Hotel C'One Cempaka Putih), tapi untuk jumlahnya saya tidak mengetahui karena iru ranahnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," terang Murni.

Untuk diketahui, Apartemen Fraser Residence Menteng dan Hotel C'One Cempaka Putih merupakan salah satu tempat di Jakarta Pusat yang ditunjuk oleh Kemenkes sebagai tempat isolasi atau karantina bagi para Pelaku Perjanan Luar Negeri yang baru tiba di Tanah air selain dari 72 tempat karantina lain yang tersebar di Jakarta. (cr10)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler