Hujan Lebat, Permukiman Warga di Lebak Terendam Banjir

Kamis, 17 Februari 2022 11:29 WIB

Share
Hujan lebat mengakibatkan permukiman warga terendam di Desa Nameng, Rangkasbitung. Foto: BPBD Lebak
Hujan lebat mengakibatkan permukiman warga terendam di Desa Nameng, Rangkasbitung. Foto: BPBD Lebak

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengakibatkan sedikitnya enam rumah di Kampung Cigalempong, Desa Nameng, Kecamatan Rangkasbitung, terendam banjir, pada Rabu (6/2/2022).

Informasi yang dihimpun Poskota, banjir berasal dari luapan sungai sekitar yang tidak bisa menampung debit air hujan. Akibatnya, enam rumah warga yang berada di pinggiran sungai terendam banjir hingga selutut orang dewasa.

"Ya benar, ada enam rumah warga yang terendam banjir. Saat ini tim sedang di lokasi guna memantau kondisi permukiman warga yang teremdam," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama saat dihubungi, Kamis (17/2/2022).

Febby mengatakan, bahwa saat banjir pihaknya langsung melakukan penelusuran sungai itu, dan pihaknya menemukan adanya sumbatan seperti kayu, dan rumput-rumput di jembatan yang tidak jauh dari permukiman warga. 

Hal itu disebut menjadi penyebab air sungai meluap dan merendam rumah warga.

"Yang menyebabkan banjir itu rumpun bambu yang menghalangi saluran di jembatan, dan besok kita akan bantu warga sekitar untuk membersihkannya," jelasnya.

Dikatakanya, selain di Desa Nameng, banjir juga terjadi di Kampung Telaga Biru, Rangkasbitung. Namun tidak lama, air yang sempat merendam beberapa rumah warga sudah kembali surut.

"Kita mengimbau kepada warga di musim peralihan hujan ke kemarau ini untuk selalu waspada akan perubahan cuaca dan juga selalu menjaga kebersihan lingkungan," tukasnya. (Yuusuf Permana)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar