Luapan Kali Ciliwung Merendam Permukiman Warga Kebon Pala Jakarta Timur

Kamis, 17 Februari 2022 16:47 WIB

Share
Luapan Kali Ciliwung Merendam Permukiman Warga Kebon Pala Jakarta Timur
Kondisi permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Kamis (17/2/2022) pagi. (ist)

MAKASAR, POSKOTA.CO.ID - Akibat meluapnya Kali Ciliwung, permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, terendam banjir, Kamis (17/2/2022). 

Warga setempat, Ilham (26) menyampaikan banjir mulai merendam permukiman warga RW 04 dan RW 05 Kelurahan Kampung Melayu sekitar pukul 03.00 WIB. 

"Sekitar pukul 05.00 WIB itu ketinggian air sudah mulai naik 75 centimeter, sampai sekarang ya terus naik sampai 100 centimeter," ungkap Ilham kepada wartawan, Kamis (17/2/2022).

Menurut dia, banjir luapan Kali Ciliwung ini dampak dari hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, Depok, dan Jakarta pada Rabu (16/2/2022) malam selama beberapa jam. 

Sebab, pada Rabu malam, ketinggian Bendungan Katulampa Bogor dan Pos Pantau Depok mencapai status siaga tiga.

Sedangkan pagi hari ini Pintu Air Manggarai berstatus siaga.

"Air dari Bogor dan Depok sudah sampai Jakarta, sekarang tertahan di Manggarai. Karena di sini kalau hanya hujan lokal (di Jakarta saja) enggak banjir, kalau air kiriman baru banjir," ujarnya.

Petugas PPSU Kelurahan Kampung Melayu Gunawan mengatakan, hingga pagi ini belum ada warga RW 04 dan RW 05 yang mengungsi karena terdampak banjir luapan Kali Ciliwung.

Namun pihak Kelurahan Kampung Melayu sudah menyediakan posko pengungsian mengantisipasi bila air kembali naik, lokasinya di dua sekolah dekat permukiman warga.

"Posko pengungsian untuk ibu menyusui, ibu hamil juga ada. Tapi sekarang belum ada warga mengungsi, karena rumah sudah dibedah jadi rumah panggung. Jadi bisa bertahan di lantai dua rumah," tutur Gunawan. (ardhi

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar