Bandingkan Suara Azan dengan Gonggongan Anjing, PKB Tegur Keras Menag Yaqut: Jangan Bikin Ribut dan Memicu Kontroversi

Kamis, 24 Februari 2022 17:50 WIB

Share
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (poskota.co.id/rizal)
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (poskota.co.id/rizal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Akibat membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengeluarkan teguran keras terhadap Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengingatkan agar Menag bekerja dengan benar.

”Jangan bikin ribut dan memicu kontroversi. Urusilah hal-hal yang produktif bagi kemaslahatan umat," ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid, Kamis (24/2/2022).

Gus Jazil mengatakan, pihaknya banyak menerima pesan keluhan atas statemen Menag Yaqut yang dinilai sangat tidak pantas. 

"Kami banyak menerima pesan, keluhan atas statemen viral itu, kok bisa-bisanya kumandang suara azan di-qiyas-kan atau disamakan dengan suara gonggongan anjing," tutur dia. 

Menurut dia, secara hukum fikih, menjawab azan bagi umat Islam hukumnya adalah wajib. 

"Lha kok ini dianalogikan dengan gonggongan anjing. Astaghfirullah! Kami sarankan dengan hormat agar menag meralat dan mengakui kesalahan analoginya," tandas wakil ketua MPR RI itu.

Alih-alih membikin kegaduhan di ruang publik, Gus Jazil meminta agar menag lebih fokus dalam membantu Presiden Joko Widodo untuk menjalankan berbagai pekerjaan yang lebih produktif di pemerintahan, terutama dalam hal urusan keagamaan.

Sebab, pernyataan seperti itu selain tidak pantas, juga tidak produktif terhadap mendukung jalannya pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin. 

"Pak Jokowi berulang kali mengingatkan agar para pembantunya fokus bekerja, bukan malah membikin gaduh," tutur dia. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler