Gempa Guncang Sumbar, Dua Orang Meninggal Dunia  

Jumat, 25 Februari 2022 14:58 WIB

Share
Kondisi rumah yang rusak akibat gempa bumi di Sumatera Barat. (Dok: BNPB)
Kondisi rumah yang rusak akibat gempa bumi di Sumatera Barat. (Dok: BNPB)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang sejumlah wilayah di Sumatera Barat, pada Jumat (25/2/2022), pukul 08:39 WIB. 

Dalam peristiwa itu dua orang meninggal dunia, dan 20 orang lainnya mengalami luka-luka.  

Sedangkan kerugian material meliputi banyak rumah warga rusak, fasilitas pendidikan rusak, serta kerusakan pada fasilitas perbankan, balai pertemuan warga dan aula kantor bupati Pasaman Barat. 

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto, pada Jumat siang memerintahkan tim reaksi cepat (TRC) menuju ke lokasi terdampak gempa bumi di wilayah Sumatera Barat. 
 
Selanjutnya, Kepala BNPB meminta tempat-tempat pos pengungsian tersedia untuk menampung warga terdampak. Suharyanto meminta pemerintah daerah yang dikoordinasikan oleh BPBD setempat untuk memastikan ketersediaan tempat tersebut. 

Warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. BNPB meminta warga untuk tidak terpancing pada kemungkinan isu negatif yang beredar dan dapat menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat.

Guncangan kuat dirasakan di sejumlah wilayah lain, seperti Kabupaten Agam, Padang Pariaman dan Pariaman. BPBD Kabupaten Agam juga melaporkan adanya guncangan kuat yang dirasakan masyarakat dengan durasi 3 hingga 4 detik. 
 
Laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah Provinsi Sumatera Barat menyebutkan guncangan dirasakan kuat 3 – 5 detik di Kabupaten Pasaman Barat.
 
Laporan sementara, lokasi yang terdampak parah berada di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat. (johara)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler