Mengenal Makam Keramat Wong Sagati di Lebak, Makam Yang Tak Pernah Sepi Diziarahi 
Sabtu, 26 Februari 2022 11:21 WIB
Share
Suasana Makam Wong Sagati di Lebak, Banten. (Foto: Poskota/Yusuf Permana)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wilayah Provinsi Banten dikenal sebagai daerah segudang wisata baik panorama alam seperti pegunungan, pantai, air terjun maupun budayanya. Selain itu, Banten juga dikenal kental dengan wisata religinya. 

Dari banyaknya tempat wisata religi di Banten, salah satunya ada di Kabupaten Lebak yakni Makam Keramat Wong Sagati. Makam tersebut berlokasi di Desa Sajira Timur, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Makam itu dikeramatkan karena, informasi yang dihimpun makam tersebut merupakan tempat peristirahatan terakhir Prabu Daleum Wong Sagati. Ia dikenal sebagai  salah satu Prabu dari Kerajaan Padjajaran dan masih berkaitan erat dengan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang.

Oleh masyarakat sekitar Wong Sagati diketahui sebagai tokoh pejuang yang menyebarkan agama Islam di Kecamatan Sajira dan sekitarnya pada masa Kerajaan Padjajaran yakni Prabu Siliwangi. 

Salah satu kuncen di Makam Wong Sagati, H Dulatif mengatakan, Wong Sagati sangatlah erat dengan masyarakat Sajira. Pasalnya, Ia terkenal dengan keteguhan dan perjuangannya dalam menyiarkan ajaran-ajaran Islam di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

"Atas hal itu, makam Wong Sagati ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin ziarah. Bahkan menjadi tempat pertama yang dikunjungi jika ada tour ziarah di Banten," kata Dulatif saat ditemui Jakarta.Poskota.co.id, Sabtu (25/2/2022).

Dulatif menerangkan, makan keramat Wong Sagati sendiri sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun lebih jelasnya, tidak ada yang tahu kapan makam tersebut ada.

"Wongsagati sudah sejak lama dituakan dari segi usia makam, mangkanya selalu menjadi tujuan pertama ketika berniat tour ziarah ke seluruh Banten," katanya.

Dikatakanya, makam keramat ini sendiri selalu ramai setiap harinya dikunjungi oleh peziarah. Bahkan, di makam tersebut tidak menjadi tujuan ziarah musiman. Semua bulan selalu ramai, pun demikian saat memasuki dan selama Ramadhan. 

Di kawasan makam itu sendiri tidak hanya ada satu makam Wong Sagati saja, namun terdapat ribuan makam lainnya. Termasuk ada juga makam Makam Prabu Dalem Hadi dan Makam Syekh Ahmad yang juga terkenal sebagai penyiar Islam di Sajira. Ketiga makam ini lokasinya berdekatan sekitar 100 meter.

Halaman
1 2 3