Pasar Glodok Jakarta Barat Ganti Nama, Kapan?

Kamis, 3 Maret 2022 16:22 WIB

Share
Kawasan Pecinan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. (ist)
Kawasan Pecinan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. (ist)

TAMANSARI, POSKOTA.CO.ID - Nama pasar Glodok yang berlokasi di kawasan Tamansari, Jakarta Barat, rencananya diusulkan untuk mengubah nama menjadi Pasar Petak Sembilan.

Langkah tersebut telah diwacanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat dan akan diusulkan kepada PD Pasar Jaya.

Camat Tamansari Agus Sulaiman mengatakan hal tersebut dilakukan jika 160 pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Petak Sembilan resmi direlokasi ke Pasar Glodok.

"Pasar Petak Sembilan itu memiliki nilai historis tinggi, jadi pasar Glodok itu diusulkan untuk kembali lagi namanya menjadi Pasar Petak Sembilan," ujar Agus, Kamis (3/3/2022).

Menurut Agus, selain nilai historis yang harus dipertahankan, pergantian nama tersebut dinilai dapat mengikis stigma masyarakat bahwa Pasar Glodok hanya identik dengan barang elektronik saja.

"Karena sekarang kan Glodok itu identik dengan elektronik kan. padahal di dalamnya itu tukang sayur dan tukang daging juga ada," kata dia.

Usulan itu nantinya akan diajukan kepada pihak PD Pasar Jaya dalam pertemuan yang akan berlangsung pada Senin (7/3/2022) nanti.

Dalam pertemuan itu, pihaknya juga akan membahas berapa besaran uang sewa kios yang akan dibebankan kepada para PKL.

Sebelumnya, Agus memang berencana merelokasi 160 PKL di Petak Sembilan ke pasar Glodok dalam waktu dekat.

Rencana kita akan relokasi 160 PKL ke Pasar Glodok untuk mengembalikan fungsi jalan di Petak Sembilan agar bisa dilalui warga. (pandi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler