Pemprov DKI Rencanakan PTM 100 Persen di PPKM Level 2, Pengamat Pendidikan Berharap Tidak di Semua Sekolah

Selasa, 8 Maret 2022 18:41 WIB

Share
Pemprov DKI Rencanakan PTM 100 Persen di PPKM Level 2, Pengamat Pendidikan Berharap Tidak di Semua Sekolah
Sejumlah siswa SMPN 77 Jakarta masih melaksanakan kegiatan PTM-Olahraga di sekolah kendati ditemukan dua siswa terpapar Covid-19. (poskota.co.id/adam)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemprov DKI Jakarta sedang menyusun kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen sehubungan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait pembukaan PTM 100 persen di sekolah. 

"Kami di pemprov sedang menyusun kebijakan selanjutnya yang menjadi tugas kami selanjutnya. Apakah akan kembali ke 100 persen itu kami masih menunggu koordinasi dengan Pempus (pemerintah pusat) seperti diketahui PTM menjadi kebijakan kementerian pendidikan," ujar dia di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Pada status PPKM Level 3, Pemprov DKI menggelar PTM terbatas dengan jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas ruang kelas dengan 4 jam pelajaran per hari.

Hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Kemendikbud Ristek yang berlaku efektif pada Jumat (4/2/2022).

Saat ini, DKI Jakarta berstatus PPKM Level 2, sehingga opsi menggelar PTM 100 persen dapat dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Di sisi lain, Pengamat Pendidikan dari Komisi Nasional Pendidikan Andreas Tambah meminta Pemprov DKI untuk tidak memukul rata sekolah terkait pembukaan PTM 100 persen.

Untuk keamanan para peserta didik dari Covid-19, PTM 100 persen hanya bisa digelar pada sekolah yang cakupan vaksinasi hingga dosis ke 2 mencapai lebih dari 80 persen.

"Data di sekolah harus valid. Peserta didiknya sudah divaksin berapa kali. Jangan kita melihat di DKI PPKM Level 2, yo sekolah masuk semua tapi ternyara data vaksinasinya belum bagus anak yang belum divaksin juga banyak," kata Andreas.

Menurut dia, data vaksinasi di tiap sekolah harus menjadi pertimbangan kepala Dinas Pendidikan dalam membuka PTM 100 persen pada PPKM Level 2.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar