Kades di Tangerang Viral Pakai Seragam TNI, Akhirnya Disita

Minggu, 13 Maret 2022 13:12 WIB

Share
Pengembalian seragam TNI milik Kades Wanakerta, Tumpang Siagian. (Foto/Ist)
Pengembalian seragam TNI milik Kades Wanakerta, Tumpang Siagian. (Foto/Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Seragam TNI yang dikenakan Kepala Desa (kades) Wanakerta, Tumpang Siagian, viral di media sosial akhirnya disita. 

Video yang beredar luas di jagat maya, terlihat Tumpang Siagian mengenakan seragam pakaian dinas lapangan (PDL) TNI saat hendak menaiki sebuah mobil.

Sontak saja, banyak warganet yang menanyakan perihal izin penggunaan seragam TNI bagi warga sipil.

Ketika dikonfirmasi, Komadan Korem (Danrem) 052/WKR, Brigjen Rano Maxim Adolf Tilaar mengatakan, pihaknya sudah mengetahui informasi tersebut. Seragam TNI tersebut diberikan kepada puluhan kades saat menjalani pendidikan dasar kepemimpinan selama dua Minggu.

"Dan, saya rasa kalau untuk penggunaan selanjutnya disesuaikan dengan aturan yang berlaku tentang penggunaan seragam TNI di lapangan,'' ujarnya, Minggu (13/3/2022).

Lanjut dia, untuk menghindari kesalahpahmanan dan penyalahgunaan di masyarakat, TNI telah menyita seragam milik kades Wanakerta, Kabupaten Tangerang itu.

"Kami berharap agar, ia tidak mengulangi perbuatannya lagi, karena secara prosedur yang tertuang di dalam aturan, pemakaian seragam TNI resmi oleh sipil tidak dibenarkan, hanya untuk prajurit aktif," tegasnya.

Ia kembali menegaskan, penggunaan seragam TNI hanya diperuntukkan bagi jajaran anggota TNI yang masih aktif, sudah pensiun atau purnawirawan.

"Cuma boleh anggota saja, jika saat diklat resmi sih, kita masih memaklumi, itu pun tidak boleh memakai tanda kepangkatan,'' tukasnya. (veronica prasetio)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar