Pengawasan Warga Negara Asing di Jakarta Diperketat

Rabu, 16 Maret 2022 21:53 WIB

Share
Pengawasan Warga Negara Asing di Jakarta Diperketat
Kepala Kanwil KemenkumHAM DKI Jakarta Ibnu Choldum dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Jakarta Selatan di Kawasan Kuningan, Jaksel. (poskota.co.id/adji)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM DKI Jakarta Ibnu Choldum menghadiri Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Jakarta Selatan dengan tema 'Optimalisasi Sinergitas Timpora pada Masa Pandemi' di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Rabu (16/3/2022).

Kegiatan itu diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan.

"Kegiatan rapat koordinasi hari ini pada dasarnya merupakan wujud pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 terkait Keimigrasian," ucap Riza saat menyampaikan sambutan, Rabu (16/3).

Ia berharap, Timpora Jakarta Selatan terus meningkatkan kinerja serta memperluas sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder dalam melaksanakan pengawasan terhadap orang asing.

Pengawasan terhadap orang asing dinilai bukan hanya persoalan pihak keimigrasian, tetapi juga merupakan persoalan di bidang sosial dan politik dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Untuk itu, diperlukan penguatan sinergi antar stakeholder dalam mengoptimalkan pengawasan terhadap orang asing," tutur Riza.

Menurut Riza, koordinasi dan pengawasan terhadap orang asing dapat diperkuat hingga level kecamatan dan kelurahan.

Dengan adanya keterlibatan petugas pada lingkup kecamatan dan kelurahan, pengawasan akan lebih optimal.

"Jika terjadi pelanggaran terhadap orang asing dapat segera ditindaklanjuti," ucapnya.

Ia menyampaikan, seiring kebijakan pemerintah dalam membuka perjalanan internasional secara bertahap, ke depan akan semakin banyak tantangan yang akan dihadapi Timpora.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar