Jadi Tersangka, Haris Azhar dan Fatia Siap Ajukan Praperadilan 

Sabtu, 19 Maret 2022 22:01 WIB

Share
Haris Azhar di Mapolda Metro Jaya. (Foto: Poskota/Adji)
Haris Azhar di Mapolda Metro Jaya. (Foto: Poskota/Adji)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti berencana akan mengajukan gugatan praperadilan terkait ditetapkannya sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Menteri Luhut Binsar Pandjaitan.

Kuasa Hukum Haris Azhar, Nurkholis Hidayat mengatakan, pihaknya akan mengambil beberapa langkah sebelum menempuh praperadilan. Salah satunya, pengajuan saksi dan saksi ahli yang independen.

"Tentunya kami akan minta adanya saksi-saksi yang meringankan, ahli-ahli yang lebih independen, dan akuntabel yang harus diperiksa oleh kepolisian,'' ujarnya dalam video daring, Sabtu (19/3/2022).

Menurut dia, jika mekanisme tersebut buntu maka akan ditempuh praperadilan.

"Jika semua mekanisme internal ini tidak berjalan efektif, kami akan hadapinya di pengadilan dan kami akan ajukan praperadilan," katanya.

Fatia menilai adanya standar ganda dalam penanganan kasus yang menjerat dirinya dan Haris Azhar. 

"Kita lihat ada gejala standar ganda bahwa ketika pejabat publik yang diduga manipulasi atau kebohongan, nggak dibalas dengan hal serupa atau diuji kebenarannya. Tapi, saat masyarakat berikan kritik atau riset, malah dikriminalisasi," kata Fatia.

Senada dengan Fatia, Haris Azhar menganggap aparat kepolisian mengalami kemiskinan integritas dalam menangani persoalan yang ada.

"Jadi proses ini menunjukkan ada kemiskinan integritas dalam cara negara menangani situasi, mengabaikan lapangan, menolak fakta, dan ingin memenjarakan messenger-nya dalam hal ini saya dan Fatia," tukasnya. (*/yo)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar