Halau PKL, Pemkot Jakpus Pasang MCB di Depan Masjid Istiqlal

Kamis, 24 Maret 2022 18:04 WIB

Share
Petugas menjelang bulan suci Ramadan memasang MCB untuk menghalau PKL yang berjualan di kawasan Masjid Iqtiqlal. (Foto: Ist)
Petugas menjelang bulan suci Ramadan memasang MCB untuk menghalau PKL yang berjualan di kawasan Masjid Iqtiqlal. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menjelang bulan suci Ramadan memasang movable concrete barrier (MCB) untuk menghalau pedagang kaki lima (PKL) di area Masjid Istiqlal.
 
Pasalnya, keberadaan pedagang di bulan Ramadan di kawasan Masjid Istiqlal telah mengganggu pemandangan dan terlihat kumuh.

"Sebenarnya ini bukan penertiban tapi penataan saja terhadap pedagang. Keberadaan mereka membuat kawasan masjid menjadi kumuh,'' ujar Wakil Wali Kota Jakpus, Irwandi saat dihubungi Jakarta.Poskota.co.id, beberapa waktu lalu.

Sebagai upaya mengatasi hal itu, maka Pemkot Jakpus memasang MCL di depan Masjid Istiqlal.

"Hari ini kita pasang MCB sebagai bentuk penghalauan PKL di kawasan Masjid Istiqlal," kata Lurah Pasar Baru, Arbi Nuvianto, Kamis (24/3/2022).

Dikatakan, yang dilakukannya tersebut sesuai dengan arahan Wakil Wali Kota Jakpus, Irwandi.

Selain itu, kata dia, jajarannya juga tengah mendata nama para pedagang terutama yang berdagang di pintu masuk Masjid Istiqlal.

Selanjutnya, pedagang akan ditempatkan di lokasi sementara (Loksem) Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakpus.

"Mereka akan didata dan segera di relokasi ke Loksem," ucapnya.

Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Binamarga Sawah Besar, Hezkiel Satyawiguna mengatakan, pihaknya telah menempatkan sejumlah MCB yang berisi air.

"Saat ini baru 24 MCB kita tempatkan di sisi pintu masuk Masjid Istiqlal, sisanya nanti kita tambah lagi," ujarnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler