Tentukan Awal Ramadan, Kemenag: Pemantauan Hilal di 101 Lokasi 

Jumat, 25 Maret 2022 16:22 WIB

Share
Ilustrasi pemantauan hilal. (Foto: Ist)
Ilustrasi pemantauan hilal. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Rukyatul atau pemantauan hilal untuk menentukan awal bulan Ramadan 1443 Hijriah pada 1 April 2022 dilakukan di 101 lokasi di seluruh Indonesia.

Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dekat dengan matahari terbenam untuk menentukan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Adib mengatakan, pemantauan hilal melibatkan kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota bekerja sama dengan instansi terkait dan organisasi masyarakat Islam di daerah.

Nantinya, kata dia, hasil pemantauan hilal akan dijadikan sebagai masukan dalam sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadan.

Menurut dia, berdasarkan hasil hisab semua sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada 1 April 2022 atau 29 Syaban 1443 Hijriah sekitar pukul 13.24 WIB.

"Pada hari rukyat, 29 Syaban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ujar Adib dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022).

Adapun, lanjut dia, sidang penentuan awal Ramadan akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama.

"Sidang akan digelar secara daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara online melalui zoom meeting," kata Ismail. (*)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler