Ruas Jalan Jakbar Kerap Macet, Apa Sih Masalahnya?

Selasa, 29 Maret 2022 14:53 WIB

Share
Ruas Jalan Jakbar Kerap Macet, Apa Sih Masalahnya?
Ruas jalan di wilayah Jakarta Barat (Jakbar) kerap macet. (Foto: Ist).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Warga Jabodetabek mungkin tak akan heran jika sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta sering mengalami kemacetan panjang, terutama di beberapa jam tertentu seperti berangkat dan pulang kerja.

Tak jarang pula sejumlah ruas jalan juga kerap macet di siang hari, biasanya jelang waktu istirahat para pekerja lantaran sekadar ingin mencari makan di luar kantor.

Salah satu biang kemacetan panjang ini terjadi di Kota Jakarta Barat (Jakbar). Pemerintah Kota (Pemkot) Jakbar pun mengakui jika kemacetan panjang itu dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pertama, karena banyak truk tronton dan sejenisnya melintas dengan kecepatan cukup lambat. Kedua, fenomena bottle neck atau leher botol sebagai istilah penyempitan jalan. Ketiga, struktur jalan yang kurang tertata dan mengalami kerusakan.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko menambahkan, faktor lain adalah Jakbar menjadi pintu gerbang arus lalu lintas kendaraan dari luar wilayah.

"Sehingga ini terjadi mobilitas kendaraan yang cukup tinggi di Jakarta Barat," jelas Yani, Selasa (29/3/2022).

"Selain itu beberapa ruas di wilayah Jakarta Barat masih terdapat missing link dan menyempit seperti bottle neck," sambung Yani.

Mantan Kasat Pol PP Jakarta Barat ini mengaku akan mengurangi kemacetan di wilayah hukumnya dengan beberapa perbaikan pada tahun 2023.

Misalnya dengan menerapkan rekayasa lalu lintas dititik tertentu di saat kepadatan kendaraan terjadi.

"Kemudian kami akan meningkatkan kegiatan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan transportasi kegiatan massal dan tertib berlalu lintas," ucapnya.

Halaman
Reporter: Khalied Malvino
Editor: Khalied Malvino
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar