Waspada, Menkes: Varian Omicron BA.2 Mendominasi di Indonesia

Senin, 4 April 2022 19:25 WIB

Share
Ilustrasi COVID-19. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi COVID-19. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah memonitor varian baru yang ada, termasuk subvarian Omicron BA.2 yang memicu lonjakan kasus di Eropa dan juga di Cina.
 
"Varian ini juga sudah masuk di Indonesia dan sudah menjadi varian yang dominan di Indonesia," terang Menkes dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin siang (4/4/2022).

Hal itu disampaikan menkes usai rapat terbatas mengenai evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta.

Menkes mengatakan beruntung dengan kondisi imunitas masyarakat Indonesia yang cukup tinggi sehingga varian baru ini tidak menyebabkan adanya lonjakan kasus di Indonesia.

"Kita berharap bahwa dengan adanya perbaikan kondisi COVID-19 ini masyarakat makin menyadari bahwa tanggung jawab kesehatan terhadap pandemi ini ada di tangan kita masing-masing," ucap Menkes.

Menkes pun meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi baik dosis primer maupun dosis lanjutan atau booster, karena tingkat vaksinasi merupakan salah satu faktor penting dalam upaya transisi dari pandemi ke endemi. 
 
Sehubungan dengan diperbolehkannya mudik Lebaran tahun ini, Menkes mengingatkan masyarakat bahwa hanya pelaku perjalanan domestik yang sudah memperoleh dosis booster yang tidak dipersyaratkan untuk melakukan tes COVID-19. (johara)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar