Penyempitan Saluran Jadi Biang Kerok Banjir di Kembangan  

Rabu, 6 April 2022 15:17 WIB

Share
Penyempitan Saluran Jadi Biang Kerok Banjir di Kembangan  

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Saluran yang sempit menjadi salah satu faktor penyebab wilayah Kembangan, Jakarta Barat kerap dilanda banjir ketika hujan deras turun.

Beberapa titik yang kerap dilanda banjir ketika hujan deras yakni di kawasan Meruya Utara, Meruya Selatan dan Kembangan Utara.

Camat Kembangan Joko Mulyono menyebut banjir yang kerap melanda wilayahnya itu terjadi karena beberapa faktor, salah satunya saluran air yang sempit.

Pihaknya sempat berupaya memperbesar ukuran saluran agar air yang menggenangi jalan dan permukiman bisa cepat menggenangi jalan dan permukiman bisa cepat mengalir.

Namun di beberapa tempat, saluran air tersebut tidak bisa diperbesar karena terkendala oleh pembebasan lahan. Salah satunya di kawasan Meruya Selatan dan Meruya Utara.

"Luas saluran memang belum ideal lebarnya, harus masuk ke saluran penghubung itu tapi melewati lahan milik pribadi orang," ujarnya dikonfirmasi Rabu (6/4/2022).

Padahal, kata Joko, pihaknya hanya membutuhkan untuk melebarkan saluran sebesar 1,5 meter saja.

Maka dari itu, pihaknya hanya mengandalkan pompa untuk menyedot air yang menggenangi kawasan tersebut.

Salah satunya pada Selasa (5/4/2022), pihaknya menggunakan pompa untuk menyedot genangan yang melanda wilayah Kembangan. "Kemarin kita pakai pompa portabel di lokasi itu. Airnya cepat surut karena ketinggian hanya sekitar 15 sentimeter," jelas dia.

Joko, mengatakan akan melakukan beberapa upaya agar pihaknya dapat melakukan pelebaran saluran air di lokasi tersebut. (Pandi)

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar