Tahan City Pakai Formasi 5-5-0, Atletico Madrid Malah Dicemooh

Kamis, 7 April 2022 09:08 WIB

Share
Pemain Atletico Madrid. (Instagram/@atleti)
Pemain Atletico Madrid. (Instagram/@atleti)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Formasi Atletico Madrid saat melawan Manchester City di Liga Champions mendapat sorotan. Pasalnya, klub asal Spanyol itu menerapkan strategi tak biasa yakni 5-5-0.

Laga Atletico Madrid vs Man City merupakan pertandingan leg pertama babak perempat final Liga Champions. Berlangsung di Stadion Etihad, Rabu (6/4/2022) dini hari WIB, Los Rojiblancos harus mengakui kemenangan Man City dengan skor 0-1.

Atletico sejatinya menerapkan formasi 5-3-2 di awal pertandingan. Sang pelatih, Diego Simeone menurunkan Antoine Griezmann dan Joao Felix di lini penyerangan.

Namun dalam laga ini The Citizens terus tampil menekan di sepanjang pertandingan. Alhasil Atletico pun mengubah formasi menjadi 5-5-0.

Gaya formasi tersebut nyatanya membuat Man City kesulitan menembus lini pertahanan Atletico. Namun usaha tuan rumah membuahkan hasil. Pada menit ke-70 Kevin De Bruyne memastikan Man City meraih kemenangan melalui gol yang dibuatnya.

Penggunaan formasi itu mendapat komentar pelatih Man City, Pep Guardiola. Dia mengakui strategi yang diterapkan Atletico membuat tim asuhannya kesulitan.

“Kami merasakan mereka akan bermain 3-5-2, kemudian mereka menyesuaikan diri dan menjadi 5-5-0, sesuatu yang di zaman prasejarah dan hari ini sangat sulit untuk diserang,” ujarnya dikutip dari Marca.

“Itu adalah pertandingan yang sulit, pertandingan yang sangat sulit,” tambah dia.

Guardiola kemudian membeberkan kunci sukses Man City yang akhirnya mampu menekuk Atletico. Dia memastikan  kesabaran merupakan kunci timnya dalam meraih kemenangan.

"Mereka (Atletico) ahli dalam bertahan bersama dan itu sulit. Kami berhasil menghentikan mereka berlari, kami tidak menciptakan peluang tetapi kami sabar dan mendapat gol dari koneksi Foden dengan Kevin." ungkap dia.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler