Penumpang Masih Sepi, Harga Tiket Bus di Terminal Pulogadung Belum Naik 

Sabtu, 9 April 2022 13:33 WIB

Share
Penumpang Masih Sepi, Harga Tiket Bus di Terminal Pulogadung Belum Naik 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Harga tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur belum mengalami kenaikan pada awal Ramadan 1443 Hijriah.

Kepala Terminal Pulogebang, Bernard Pasaribu menyampaikan para perusahaan otobus (PO) baru diperkenankan menaikkan harga tiket kala pemerintah telah mengumumkan waktu mudik Idul fitri.

"Untuk saat ini belum ada kenaikan harga tiket. Nanti saat pengumuman (waktu) mudik lebaran baru diperkenankan untuk menaikan tiket," ucap Bernard kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).

Kenaikan harga tiket bus kerap terjadi pada momen besar tahunan seperti mudik Idulfitri ketika jumlah keberangkatan penumpang bakal meningkat.

Kendati demikian, dalam menaikan harga tiket bus AKAP, pemerintah hanya bisa menetapkan batas tertinggi pada bus kelas ekonomi saja.

"Sebenarnya yang diatur pemerintah hanya (tarif batas) bus kelas ekonomi. Kenaikan tarif batas bus ditentukan oleh Kementrian (Perhubungan) karena kan antar kota antar provinsi," ungkap Bernard.

Sementara untuk tarif batas harga tiket bus kelas bisnis dan VIP, tidak dibatasi pemerintah. Secara aturan harga tiketnya diserahkan ke mekanisme pasar sesuai kualitas bus disediakan.

Dikabarkan sebelumnya, pada Idulfitri 1443 Hijriah ini pemerintah menyatakan tak melarang warga melakukan mudik dengan syarat mesti sudah divaksin booster Covid-19.

Pada awal Maret 2022, pemerintah terlebih dahulu menghapus persyaratan penumpang bus AKAP untuk melakukan pemeriksaan tes antigen dan PCR sebelum keberangkatan. (Ardhi) 


 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar