Awalnya Iseng Cuma Buat Konsumsi Anak, Kini Beromset 50 Juta Per Bulan, Wanita Ini Sukses Usaha Pasta Berbahan Dasar Tepung Singkong 

Kamis, 14 April 2022 17:18 WIB

Share
Widya Esthi Riany (45), pemilik UMKM Lula Pasta.(ist)
Widya Esthi Riany (45), pemilik UMKM Lula Pasta.(ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pasta, makanan olahan khas negara Italia kini ada yang berbahan dasar tepung singkong serta diberi pewarna alami dari ragam sayuran, sehingga dinilai lebih menyehatkan.

Adapun  pasta yang dimaksud produk lokal yang dijual oleh Widya Esthi Riany (45), pemilik UMKM Lula Pasta. 

Menurut Widya, pada 2019 dirinya membuat pasta gluten free berbahan dasar tepung singkong. 

Alasan membuat pasta gluten free lantaran anaknya yang saat itu berusia dua tahun, berdasar hasil pemeriksaan dokter, mengalami masalah pencernaan. 

"Itu waktu umur dua tahun ya ketahuan, jadi imunitasnya rendah, sering sakit, berat badannya susah nambah meski makan normal. Kita cek ke dokter dari hasil lab ketahuan kalau ada masalah dalam pencernaan anak saya," jelas Widya kepada Poskota.co.id, Kamis (14/4/2022). 

Lanjut Widya, kala itu dokter menyarankan agar anaknya menghindari konsumsi makanan mengandung gluten, protein yang biasa ditemukan di makanan berbahan dasar tepung terigu dan gandum. 

"Jadi enggak boleh makan gluten, karena itu memperberat pencernaannya. Jadi dicernanya lama, mungkin orang pada umumnya dicerna empat jam udah kosong lagi lambungnya. Kalau anak saya bisa dari pagi sampai malam enggak kosong," ungkap Widya. 

Maka dari itu, pasta yang biasanya berbahan dasar tepung terigu maupun semolina, kini diubah menjadi tepung singkong. Agar anaknya yang memang suka dengan pasta, bisa mengonsumsi tanpa khawatir dengan gangguan pencernaan yang diderita. Jadilah produk pasta gluten free atau bebas dari kandungan gluten.  

Kata Widya, dirinya bisa menciptakan pasta tersebut diawali dengan membaca jurnal penelitian bidang teknologi pangan. 

Dari situ, akhirnya dia membuat sendiri pasta berbahan dasar tepung singkong. Terlebih, yang mendorong Widya membuat pasta gluten free-nya sendiri, lantaran harga pasta gluten free terbilang mahal dan produknya hanya tersedia di supermarket tertentu. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler