Gawat! 77 ABG Dicuci Otak Jadi Teroris, Berasal dari Sumbar 

Sabtu, 16 April 2022 13:27 WIB

Share
Gawat! 77 ABG Dicuci Otak Jadi Teroris, Berasal dari Sumbar 
llustrasi pelaku terorisme (Foto: Indiandefencereview)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror Polri berhasil menemukan fakta baru terkait 77 anak baru gede (ABG) dicuci otak dan dibaiat ke Negara Islam Indonesia (NII). Puluhan anak tersebut berasal dari Sumatera Barat.

"Anak-anak tersebut semuanya dari Sumbar," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror, Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Selanjutnya, kata Aswin, metode cuci otak yang dilakukan terhadap 77 anak di bawah umur itu telah berlangsung sejak lama. Namun, dirinya tidak menjelaskan secara rinci kapan dimulainya metode tersebut.

"Metode ini sudah berlangsung lama karena di antara para tersangka ada yang telah bergabung sejak masih kecil," ucapnya.

Terpisah, pengamat terorisme yang juga mantan anggota NII, Al Chaidar mengatakan, bahwa banyak kelompok teroris yang merekrut anggoat NII, seperti pengebom di ring Banten, Bekasi dan lainnya.

"Banyak di antara mereka ketika berpindah ke JI, JAT, dan JAD, menjadi sangat militan, berbahaya, dan menjadi mesin pembunuh. Biasanya mereka pindah karena kecewa terhadap NII yang tidak bertindak," kata Al Chaidar.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Mabes Polri berhasil menangkap 16 orang tersangka teroris di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Teroris tersebut berhasil ditangkap kemarin Jumat (25/3/2022) di dua wilayah berbeda.

Dari ke 16 orang teroris yang berhasil ditangkap, di antaranya 12 tersangka ditangkap di wilayah Dhamasraya, dan 4 orang tersangka lainnya di wilayah Tanah Datar. (CR07)

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar