Israel Serbu Masjid Al-Aqsa dan Lukai Puluhan Warga Palestina, Reaksi PKS Mengejutkan!  

Sabtu, 16 April 2022 14:04 WIB

Share
Israel Serbu Masjid Al-Aqsa dan Lukai Puluhan Warga Palestina, Reaksi PKS Mengejutkan!  
Tentara Israel serang Masjid AL-Aqsa. (Foto: Ist)

JAKÀRTA, POSKOTA.CO.ID -  Polisi Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur dan melukai setidaknya 67 warga Palestina, pada Jumat (15/4/2022). 

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPR Sukamta mengecam tindakan Israel yang melakukan serangan di komplek Masjid Al-Aqsa. 

Menurut dia, kekerasan Israel di Masjid Al-Aqsa dikhawatirkan akan memicu konflik yang lebih besar sebagaimana kejadian tahun lalu. 

"Serangan Israel terhadap Masjid AL-Aqsa adalah tindakan keterlaluan, ini jelas melanggar HAM dalam kebebasan beragama," kata Sukamta, Sabtu (16/4/2022).

Ia menegaskan, Israel seharusnya menghormati status quo Yerusalem dan kompleks Masjid Al-Aqsa. 

"Pemerintah Indonesia perlu lebih proaktif mengajak masyarakat internasional untuk menjadikan kompleks Masjid Al-Aqsa di bawah perlindungan internasional, ini untuk memastikan warga Palestina bisa lebih aman dan tenang dalam melaksakan ibadah,'' tegasnya.

Wakil Ketua Fraksi PKS ini juga menyoroti ekskalasi kekerasan di Tepi Barat yang menewaskan belasan warga Palestina dan Israel dalam beberapa pekan terakhir.

Menurutnya akar masalah dari banyaknya kekerasan di wilayah Tepi Barat karena Israel secara terus-menerus melakukan penggusuran rumah dan tanah warga Palestina untuk ditempati oleh pemukim ilegal Israel.

"Apa yang terjadi di Sheikh Jarrah dan Silwan dengan adanya pengusiran 218 keluarga Palestina merupakan gambaran nyata tindakan semena-mena Israel yang jelas-jelas melecehkan keputusan Mahkamah Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," ucapnya.

Lembaga ini, lanjutnya, telah menetapkan Sheikh Jarrah dan Silwan sebagai bagian dari Palestina. Ini artinya Israel telah nyata melakukan pelanggaran hukum internasional. 

Halaman
Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar