Air Kali Ciliwung Meluap, Rumah Warga di Kebon Pala Terendam Banjir, Waspada Hujan Lebat!

Selasa, 19 April 2022 12:15 WIB

Share
Air Kali Ciliwung Meluap, Rumah Warga di Kebon Pala Terendam Banjir, Waspada Hujan Lebat!
Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan Kali Ciliwung meluap hingga merendam sejumlah rumah warga di Kebon Pala, Jakarta Timur. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Banjir dengan ketinggian sekitar satu meter merendam permukiman warga di kawasan Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/4/2022). 

Warga setempat, Akid menyampaikan banjir yang terjadi di lingkungan RW 04 dan RW 05 tersebut merupakan imbas dari meluapnya Kali Ciliwung. 

"Mulai banjir ini. Memang sebelumnya sudah ada informasi kalau ketinggian air di (bendungan) Katulampa naik sampai siaga tiga," kata Akid, Selasa (19/4/2022).

Menurut dia, sejak mendapat informasi ketinggian Bendungan Katulampa, Bogor, dan Pos Pantau Depok naik lantaran intensitas hujan tinggi, warga pun bersiap menghadapi banjir kiriman.

Mereka memindahkan barang elektronik dan perabot ke lantai dua rumah agar tak terendam. Sementara sepeda motor dipindahkan ke akses jalan yang konturnya lebih tinggi. 

"Kalau di bagian belakang itu ketinggian air sampai pagi ini sekitar 1,2 meter. Untuk yang di bagian tengah sekitar 1 meter. Dibanding dini hari tadi ada kenaikan tinggi air sekarang," tuturnya.

Adapun banjir di permukiman warga Kebon Pala ini kerap kali terjadi. 

Pengalaman jadi korban banjir luapan Kali Ciliwung sejak lama membuat mereka memilih bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing hingga air surut dibanding harus mengungsi.

"Kalau aktivitas biasa, tetap ada yang berangkat sekolah, kerja. Karena dari sebelumnya kita sudah antisipasi untuk memindahkan motor, perabot di rumah juga sudah dipindah," ujarnya. (Ardhi) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar