Mencengangkan! Temuan Polisi, Teroris NII mau Lengserkan Jokowi sebelum Pemilu 2024

Selasa, 19 April 2022 11:09 WIB

Share
Ilustrasi teroris. (Foto: Ist)
Ilustrasi teroris. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 terus melakukan pendalaman terhadap kelompok teror jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Tercatat ada 1.125 orang anggota teroris jaringan NII yang tersebar di wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Bagian Bantuan Operasi, Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, melalui pengembangan dan mengamankan sejumlah barang bukti dari kelompok teroris tersebut, ternyata kelompok itu berencana ingin melengserkan pemerintah sebelum pemilu 2024.

"Barang bukti yang ditemukan juga menunjukkan sejumlah rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatera Barat yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun Pemilu 2024,” kata Aswin melalui keterangan tertulis, Selasa (19/4/2022).

Selanjutnya, kata Aswin, kelompok tersebut juga telah mempersiapkan beberapa senjata tajam (sajam) berupa golok. Golok tersebut diketahui nantinya akan digunakan untuk melancarkan aksinya.

“Di antara sekian rencana tersebut, terdapat juga potensi ancaman berupa serangan teror yang tertuang dalam wujud perintah mempersiapkan senjata tajam (golok), dan juga mencari para pandai besi,” katanya.

“Adapun temuan alat bukti arahan persiapan golok tersebut sinkron dengan temuan barang bukti sebilah golok panjang milik salah satu tersangka,” tambahnya.

Terkait hal itu, Aswin menegaskan akan terus melakukan penegakan hukum terhadap anggota jaringan NII di Sumatera Barat, baik di tingkat kewilayahan hingga ke pusat.

“Hal ini penting dilakukan mengingat perkembangan jaringan NII sudah tersebar masif di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain di Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Maluku, dan juga Sumatera Barat,” tukasnya. 

Sebelumnya, Tim Densus 88 Mabes Polri berhasil menangkap 16 orang tersangka teroris di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Teroris tersebut berhasil ditangkap kemarin Jumat (25/3/2022) di dua wilayah berbeda.

Dari ke 16 orang teroris yang berhasil ditangkap, Ramadhan membeberkan bahwa, 12 tersangka ditangkap di wilayah Dhamasraya dan empat orang tersangka lainnya di wilayah Tanah Datar

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar