Anak Buah Jadi Tersangka, Mendag Lutfi Didesak Mundur

Rabu, 20 April 2022 14:54 WIB

Share
Anak Buah Jadi Tersangka, Mendag Lutfi Didesak Mundur
Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi. (Foto: Instagram/@mendaglutfi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komaruddin menilai Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi sebaiknya mundur dari jabatannya setelah anak buahnya ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus mafia minyak goreng.

"Mestinya Mendag mundur. Tak bisa lawan mafia minyak goreng. Malah anak buahnya di kementerian kongkalingkong memberi izin kepada pengusaha. Kemarin kan dia bilang Maret terus hilang baru kemarin ada tersangkanya," ujarnya kepada Jakarta.Poskota.co.id, Rabu, (20/4/2022).

Menurut dia, pengungkapan yang dilakukan oleh kejaksaaan Agung (Kejagung) menjadi bukti bahwa di Indonesia ada permainan yang dilakukan oleh pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan. Ia pun meminta kepada pihak terkait untuk mengusut kasus tersebut hingga tuntas.

"Banyak mafia di mana-mana, adanya pejabat yang menjadi tersangka di Kemendag, itu membuktikan bahwa ada mafia minyak goreng, dan tak menutup kemungkinan ada mafia-mafia lainnya. Apa nggak malu di kementeriannya ada praktik seperti ini," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana resmi ditetapkan sebagai tersangka Kejagung.

Indrasari terjerat kasus mafia minyak goreng, yakni dugaan tindak pidana korupsi terkait pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022. (CR04)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar