Kapolri Gelar Operasi Ketupat 2022, Kok Polisi Saranin Mudik Lewat Jalur Alternatif?

Jumat, 22 April 2022 23:15 WIB

Share
Ilutrasi operasi ketupat (Dok Poskota)
Ilutrasi operasi ketupat (Dok Poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit memimpin langsung kegiatan apel mengenai operasi ketupat jaya 2022. 

Dalam apelnya, Listyo mengatakan dilakukan sebagai bentuk pengecekan terakhir kesiapan dalam melaksanakan operasi ketupat 2022.

Listyo menambahkan, apel ini dilakukan guna mencegah penumpukan di jalan tol saat mudik lebaran nanti. Warga dihimbau agar mudik melalui jalur alternatif. Menurutnya, ada dua jalur yang bisa digunakan warga saat mudik.

"Alternatif seperti jalur Pantura dan jalur pantai selatan atau Pancasila sehingga dapat mengurangi beban jalan tol tentunya pemerintah juga telah menyiapkan standar pelayanan yang sama pada jalur-jalur tersebut dengan upaya lain," kata Listyo melalui keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022).

Selanjutnya, Kapolri himbau kepada seluruh perusahaan swasta dan negeri untuk memberikan jatah cuti mudik Lebaran lebih awal teehadap karyawannya. Himbauan tersebut guna mengurangi penumpukan saat mudik lebaran.

"Maka kita imbau agar pelaksanaan mudik ini bisa diatur oleh teman-teman instansi swasta untuk memberikan kesempatan mudik lebih awal bagi pegawainya," lanjut Sigit.

Polri juga melakukan berbagai kesiapan strategi untuk mencegah kemacetan saat mudik lebaran. Diantaranya polri akan melakukan rekayasa lalu lintas seperti one way hingga ganjil-genap.

"Pemerintah dalam hal ini polisi dan seluruh stakeholder akan menerapkan berbagai strategi mulai dari mengatur atau merekayasa dalam bentuk one way, pemasangan contraflow, mempersiapkan jalur-jalur alternatif yang tentunya dapat digunakan untuk jadi pilihan mudik yaitu jalur alternatif. Pengaturan ganjil-genap juga akan kita berlakukan sehingga kepadatan di jalur tol bisa dihindari," tuturnya.

Mudik lebaran tahun ini diperkirakan ada  sebanyak 24 juta mobil dan 17 juta motor akan melakukan mudik dan memadati jalan tol ataupun jalan arteri.

Maka dari itu, dengan pemberian cuti mudik lebih awal ini ditujukan agar bisa mengurangi penumpukan kendaraan di jalan raya dan tol saat mudik Lebaran berlangsung.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler