Patut Dicontoh! Warga Cipinang Besar Selatan Ini Rela Bongkar Rumah Kontrakannya untuk Dijadikan Taman

Selasa, 26 April 2022 00:58 WIB

Share
Patut Dicontoh! Warga Cipinang Besar Selatan Ini Rela Bongkar Rumah Kontrakannya untuk Dijadikan Taman
Taman Pakuwon. (ifand)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Warga RT 002/01 Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, sangat bersyukur atas hadirnya sebuah Taman Pakuwon. Pasalnya, seorang warga sengaja membongkar rumah kontrakannya untuk dijadikan tempat berinteraksi. 

Adalah Zainal Arifin, yang sengaja mengubah rumah kontrakannya untuk dijadikan Taman Olahraga Pakuwojo yang berdiri di atas lahan seluas 400 Meter Persegi. Lapangan olahraga yang disiapkan memiliki konsep taman, sehingga di setiap pagar ditanami beragam pohon buah-buahan.

"Konsep Taman Olahraga ini untuk mendukung kegiatan masyarakat baik olahraga dan tempat bermain anak-anak. Taman juga dilengkapi aula yang bisa digunakan untuk sarana warga berinteraksi," kata Zainal, Senin (25/4/2022).

Menurut Zainal, pembangunan taman itu terinspirasi oleh Taman Olahraga Pakuwojo di Purworejo, Jawa Tengah. Selain dimanfaatkan untuk sarana olahraga, taman itu juga dimanfaatkan sebagai sarana berkumpul warga. “Di taman ini kami siapkan tempat untuk melestarikan kebudayaan tradisional. Seperti pentas wayang kulit dan lainnya,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketum Perkumpulan Keluarga Besar Purworejo (Pakuwojo) menambahkan, untuk membangun Taman Pakuwojo pihaknya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, ia mengimbau, agar masyarakat Cipinang Besar Selatan mau bersama-sama menjaga dan merawat taman tersebut. 

“Saya sendiri senang bisa membangun taman ini. Karena bisa menjawab keterbatasan lapangan olahraga di permukiman padat penduduk. Anak-anak juga memiliki tempat yang lebih luas untuk bermain,” ungkapnya.

Terlebih, sambung Zainal, saat bulan Ramadan Taman Olahraga Pakuwojo dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan, seperti salat tarawih dan tadarus Alquran. “Kami ingin semua warga bisa menggunakan dan menjaga serta merawat Taman Pakuwojo,” tuturnya.

Sementara itu, Ketum Paguyuban Jawa Tengah (PJT) Leles Sudarmanto menambahkan, pihaknya sangat mendukung dengan pembangunan Taman Pakuwojo ini. "Makanya kami sangat mendukung pembangunan Taman Olahraga Pakuwojo ini," imbuhnya.

Pasalnya, sambung Leles, permukiman padat penduduk di Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, minim lapangan olahraga. "Ini taman Olahraga Pakuwojo sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi di kota besar lapangan olahraga sangat sedikit," tukasnya. (Ifand)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar