Dear Pemudik, BPBD Ingatkan Waspadai Titik Longsor dan Pohon Tumbang di Jalur Mudik Lebak

Rabu, 27 April 2022 12:59 WIB

Share
Dear Pemudik, BPBD Ingatkan Waspadai Titik Longsor dan Pohon Tumbang di Jalur Mudik Lebak
Ilustrasi arus mudik Lebaran. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mengingatkan pemudik yang melalui ruas jalan di Kabupaten Lebak agar mewaspadai beberapa titik rawan longsor.

Kepala BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, ada dua jalur alternatif mudik yang rawan longsor yakni, jalur utara dari arah Rangkasbitung ke Cimarga, Bojongmanik hingga Leuwidamar. Dan, jalur selatan menuju Cibeber dan Cilograng.

"Kedua jalur itu merupakan jalur mudik yang rawan longsor dan juga pohon tumbang," kata Febby saat ditemui, Rabu (27/4/2022).

Lanjut dia, jalur utara memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi terhadap bencana longsor dan pohon tumbang dibandingkan dengan jalur selatan.

Kendati begitu, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak terkait untuk menyiapkan alat berat guna menanggani longsor di kedua jalur itu.

"Cibeber, kalau melihat kontur (tanah) tidak terlalu ekstrem seperti jalur utara. Tapi yang kita khawatirkan itu jalan lintas dari Lebak ke Sukabumi dan sebaliknya. Jadi itu (masuk) titik pantauan kita, termasuk Cilograng," tuturnya.

Ia menerangkan, berdasarkan prakiraan cuaca saat arus mudik dari BMKG, wilayah Kabupaten Lebak akan diguyur hujan deras. Hal itu tentunya akan menambah potensi terjadinya longsor atau pohon tumbang.

Oleh karena itu, Febby mengimbau pemudik yang akan melintas jalan rawan longsor untuk memperhatikan kondisi cuaca.

"Jika hujan ekstrem dan angin kencang menepi sejenak cari tempat yang aman dan selalu waspada. Di jalur padat gunakan lah rest area untuk beristirahat,'' tukasnya. (Yusuf Permana)
 

Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar