Bantu Pemudik, PMI Sediakan 3 Pos Kesehatan dan 60 Personil

Sabtu, 30 April 2022 20:30 WIB

Share
Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris beserta jajarannya saat ditemui di gereja St. Stefanus Cilandak Barat, Jakarta Selatan. (Poskota/Zendy)
Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris beserta jajarannya saat ditemui di gereja St. Stefanus Cilandak Barat, Jakarta Selatan. (Poskota/Zendy)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Jakarta Selatan akan menyediakan pos pelayanan kesehatan bagi pemudik di terminal bayangan lebak bulus dan stasiun kereta commuter line Manggarai.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua PMI wilayah Jakarta Selatan, Abdul Haris saat ditemui di Gereja St. Stefanus, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

"Untuk di terminal bayangan dan stasiun manggarai memang untuk pemudik yang mungkin lelah atau butuh pertolongan pertama kita standbykan disitu satu mobil ambulance termasuk juga apabila diperlukan kita juga akan siapkan ambulance untuk rujukan RS terdekat," kata Abdul Haris kepada wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Tidak hanya itu, nantinya PMI juga membuka posko pelayanan kesehatan di tempat wisata Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Pos pelayanan kesehatan itu dibuat untuk para pengunjung TMR itu.

"Bahwa di ragunanpun kita lakukan pelayanan untuk pengunjung TMR pasca lebaran ini," ujar Abdul Haris.

Kemudian, lanjut Abdul Haris, PMI bakal mengerahkan 60 personel untuk dibagi menjadi tiga pos pelayanan kesehatan. Diantaranya adalah Terminal Bayangan Lebak Bulus, Stasiun Commuter Line Manggarai, dan Taman Margasatwa Ragunan.

"Personelnya kita bagi sekitar 16 orang. Dari 60 orang kita bagi 3 titik untuk melakukan mobile," ucapnya.

"Untuk pelayanan kesehatan yang pasti kita ini, lebih utama bagi orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan. Kita akan berikan layanan di samping antisipasi kecelakaan kita juga sediakan layanan pemeriksaan gula darah, itu buat pengunjung yang usia 55 tahun kemudian periksa golongan darah, ini banyak misalkan ada pengunjung yang dibawah 17 tahun usia smp dan sma yang memang sampe saat ini belum melakukan cek golongan darah dan juga termasuk akan membagikan masker," sambung Abdul Haris. (Cr07)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar