Paling Ditunggu, Kapan Sidang Isbat Idul Fitri 2022? Berikut Jadwal dan Link Streaming

Sabtu, 30 April 2022 13:45 WIB

Share
IlustrasiLebaran. (Foto: Ist)
IlustrasiLebaran. (Foto: Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sidang Isbat dalam menentukan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H atau 2022 jadi hal yang paling ditunggu.

Lantas kapan Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat Idul Fitri 2022?

Sebenarnya Kemenag telah mengumumkan perihal Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1443 H akan dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Mei 2022 di Auditorium HM Rasjidi Kemenag.

Mengutip dari laman resmi Kemenag, sebelum sidang isbat akan didahului dengan Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Penyelenggaran sidang Isbat dengan menggunakan dua metode yakni hisab dan rukyat

Tim Unifikasi nanti akan diminta memaparkan posisi hilal bulan Syawal secara hisab dan dilanjutkan dengan laporan rukyat (pengamatan visibilitas hilal) dari titik lokasi pengamatan di seluruh Indonesia.

Untuk lokasi pemantauan hilal akan tersebar di 34 provinsi dan 99 titik di seluruh Indonesia.

Proses rukyatul hilal akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag, Kemenag Kabupaten/ Kota yang bekerja sama dengan Peradilan Agama, Ormas Islam serta instansi terkait lainnya.

Sementara itu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 mendatang. 

Keputusan tersebut berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler