Masyarakat Jangan Khawatir, Pemprov DKI Jakarta Pastikan Berikan Kenyamanan dan Keamanan Salat Idul Fitri di JIS

Minggu, 1 Mei 2022 09:43 WIB

Share
Jakarta International Stadium (JIS) yang akan dipakai sebagai tempat ibadah sholat Ied pada hari raya nanti. (Foto: Aldi)
Jakarta International Stadium (JIS) yang akan dipakai sebagai tempat ibadah sholat Ied pada hari raya nanti. (Foto: Aldi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap menyambut jamaah salat Idul Fitri 1443 H/2022 M di Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Selain menyiapkan armada transportasi publik, Pemprov DKI juga melakukan pengaturan lalu lintas untuk mempermudah dan memberi kenyamanan warga menuju JIS. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute kedatangan/kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion, area parkir ITF, dan kantong parkir feeder,'' Syafrin di Jakarta, Minggu (1/5/2022). 

Lanjut dia, Untuk sirkulasi kendaraan masuk area JIS, masyarakat dapat masuk melalui Pintu Barat dan Pintu Timur, kemudian masuk ke area parkir dalam stadion. Jika parkir dalam stadion penuh, diarahkan ke area Parkir Timur 1 dan 2. Demikin pula dengan sirkulasi kendaraan keluar seusai salat Id, dapat melalui Pintu Barat, Pintu Selatan, dan Pintu Timur.  

Di area JIS, sambung dia, ada lima kantong parkir yang dapat digunakan, yakni RSPI Soelianti Saroso, Univ 17 Agustus, Graha YKI, D’Arcici, dan Ruko Sunter Nirwana. Disediakan lima shuttle bus dari kantong parkir tersebut menuju JIS atau sebaliknya (PP).  

Kendati disediakan area parkir, Pemprov DKI Jakarta tetap menyarankan masyarakat menggunakan moda transportasi publik, baik itu konvensional maupun online. 

Sementara itu, untuk melayani jamaah salat Id, Transjakarta mengoperasikan armada bus menuju JIS. yakni, Harmoni (lokasi keberangkatan di depan Duta Merlin), Terminal Senen, dan Terminal Tanjung Priok. 

Diketahui, Terdapat dua jadwal keberangkatan, yaitu pukul 05.00 dan 05.10 WIB dari masing-masing titik keberangkatan. Setelah salat, jamaah juga dapat menggunakan layanan sama untuk kembali ke titik awal keberangkatan. Layanan ini menggunakan tarif normal.  

Selain itu, terdapat juga tiga transportasi online yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, yaitu Grab, Gojek, dan Bluebird. Untuk drop off transportasi online berada di Pintu Selatan dekat Ramp Barat, sedangkan pengendapan mobil transportasi online berada di area Parkir Timur.  

Halaman
Reporter: Muhidin
Editor: Muhidin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler