Jokowi Telpon Putin dan Zalensky, Indonesia Siap Jadi Juru Damai Perang Rusia Ukraina?

Senin, 2 Mei 2022 17:00 WIB

Share
Presiden Jokowi.(biro press)
Presiden Jokowi.(biro press)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Di tengah ancaman pemboikotan  negara-negara peserta G20 apabila Indonesia tetap mengikutsertakan Vladimir Putin dalam KTT G20 November mendatang, presiden Jokowi justru menelpon dua kepala negara yang saat ini sedang berseteru tersebut.

Dari laman Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah menghubungi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan presiden rusia Vladimir Putin. 

Dalam percakapan melalui telepon selain mengundang Zelensky hadir dalam KTT G20 Jokowi menyebutkan bahwa Zelensky sempat mengajukan permintaan bantuan senjata dari indonesia. Namun hal ini ditolak. 

Jokowi mengatakan hal ini dikeranakan sesuai dengan konstitusi, Indonesia melarang bantuan persenjataan dalam sebuah konflik atau peperangan. meski  demikian Jokowi menyatakan Indonesia siap memberikan bantuan kemanusiaan.

"Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat Konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar Negeri Indonesia, melarang pemberitaan bantuan persenjataan kepada negara lain," jelas Jokowi.

"Saya mengundang Presiden Zelensky dalam KTT G20," tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang berbeda Jokowi juga melakukan komunikasi dengan Vladimir Putin, presiden Rusia.

Melalui sambungan telepon, Jokowi berdiskusi mengenai situasi di Ukraina sekaligus juga mengundang Putin untuk hadir dalam KTT G20.
Jokowi juga menyampaikan kepada Putin, bahwa Indonesia tetap berkomitmen penyelesaian perang melalui jalur negoisasi untuk menciptakan perdamaian. 

Terkait dengan undangan kehadiran di KTT G20 ia menjelaskan bahwa Putin menyatakan akan hadir di Bali November mendatang.

"Presiden Putin menyatakan terima kasih atas undangan G20 dan beliau menyatakan akan hadir," terang presiden yang juga Mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler