Kuras Isi Kotak Amal Masjid Jamaah Shalat Ied 3 Jutaan, Maling Sisakan Duit Recehan 

Kamis, 5 Mei 2022 20:47 WIB

Share
Kuras Isi Kotak Amal Masjid Jamaah Shalat Ied 3 Jutaan, Maling Sisakan Duit Recehan 
Seorang warga mengecek kondisi kotak amal Masjid Al-Istiqomah di Jalan Haji Ali, RT 08/04, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur usai dibobol maling pada Rabu (4/5/2022). (Ist)

JAKARTAPOSKOTA.CO.ID - Terjadi aksi pencurian uang kotak amal di Masjid Al-Istiqomah di Jalan Haji Ali, RT 08/04, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Jemaah Masjid, Edi (42) menyampaikan berdasar rekaman CCTV aksi pencurian uang kotak amal itu terjadi
pada Rabu (4/5/2022) sekira pukul 10.36 WIB.

"Uang yang diambil sekitar Rp 2-3 juta. Itu uang (amal) dari waktu Salat Ied sampai kemarin. Kalau di CCTV pelakunya satu orang," ucap Edi kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Berdasar rekaman CCTV yang menyorot kejadian, pelaku berjenis kelamin pria yang diperkirakan berusia 20 tahun itu pada mulanya menepikan motor jenis matic di pintu belakang Masjid Al-Istiqomah.

Kemudian pelaku memanfaatkan kondisi pintu pagar belakang Masjid Al-Istiqomah yang tak digembok untuk masuk lalu membobol engsel gembok kotak amal menggunakan obeng.

Tak sampai satu menit, pelaku mencuri uang di dalam kotak amal tersebut lalu memasukkan ke kantong plastik hitam dan lekas kabur.

"Uang Rp 50-100 ribu yang ada dalam kotak amal diambil semua. Hanya disisakan uang receh saja. Setelahnya dia kabur lewat pintu belakang naik motor jenis Scoopy atau Vino," jelasnya.

Menurut Edi, berdasar rekaman CCTV, kala masuk ke area dalam Masjid Al-Istiqomah, pelaku sempat membuka masker sehingga wajahnya tersorot cukup jelas.

Namun pengurus masjid dan warga setempat tak mengenali sosok pelaku yang mencuri uang kotak amal untuk keperluan renovasi Masjid Al-Istiqomah.

"Dulu memang sebelum dipasang CCTV di sini pernah kejadian juga. Kalau untuk sudah laporan atau belum saya kurang tahu, karena dari pengurus (masjid) yang menangani," terangnya.
(ArdhiRidwansyah

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar