Putin Pamer Ilyushin Il-80 Doomdays atau Pesawat 'Kiamat', NATO Bakal Dibikin jadi Kucing Meong-meong

Kamis, 5 Mei 2022 01:28 WIB

Share
Rabu (4/5/2022), Ilyushin Il-80 pesawat Doomdays atau 'Kiamat' itu terlihat bersiap untuk show of Force pada parade militer di Hari Kemenangan di Moskow.(ist)
Rabu (4/5/2022), Ilyushin Il-80 pesawat Doomdays atau 'Kiamat' itu terlihat bersiap untuk show of Force pada parade militer di Hari Kemenangan di Moskow.(ist)

RUSIA, POSKOTA.CO.ID - Hadapi NATO sebagai beking Ukraina, Presiden Vladimir Putin tidak main-main. Putin bertekad bakal bikin Polisi Dunia Amerika jadi Kucing Meong-meong. 

Putin unjuk kekuatan kepada Blok Barat bahwa potensi perang nuklir bukan sekadar gertak sambal. 

Keperkasaan kekuatan militernya pun ditunjukkan Putin. Rabu (4/5/2022), Ilyushin Il-80 pesawat Doomdays atau 'Kiamat' itu terlihat bersiap untuk show of Force pada parade militer di Hari Kemenangan di Moskow. 

NATO tahu betul lyushin Il-80. NATO menyebutnya Maxdome.  Beberapa sumber mengklaim menggunakan nama  Camber, seperti jet penumpang il-86. 

Pesawat ini diyakini terbang pertama kali pada musim panas 1985, dengan penerbangan paska modifikasi pertama  pada 5 Maret 1987.

Pesawat ini  digunakan sebagai pusat komando udara bagi pejabat Rusia, termasuk Presiden Putin, jika terjadi perang nuklir . 

Ilyushin il-80 mirip dengan Boeing e-4b.  Il-80 tidak memiliki jendela eksternal, kecuali yang ada di kokpit. 

Modifikasi canggih ini untuk melindungi dari ledakan nuklir dan pulsa elektromagnetik nuklir.

Di pesawat ini hanya terdapat pintu depan dek atas di sebelah kiri dan pintu belakang di sebelah kanan yang tersisa dari desain standar. 

Hanya ada satu tangga udara pintu, bukannya tiga. penyekat yang tidak biasa menghalangi jendela kokpit belakang.Fungsinya untuk memblokir pulsa EMP atau RF. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler